Minggu, 26 Jul 2020 05:51 WIB

3 Manfaat Mandi Pagi yang Perlu Kamu Tahu

Elsa Himawan - detikHealth
back view of attractive african american woman with sponge taking shower Ilustrasi mandi pagi (Foto: iStock)
Jakarta -

Tidak jarang rasa malas muncul saat harus mandi pagi. Berbagai alasan pun muncul agar tidak melakukan kegiatan ini. Entah karena kedinginan, sudah terlambat, atau memakai parfum cukup jadi solusi untuk menyembunyikan bau badan.

Beberapa orang juga berpikir bahwa jika malam sudah mandi, pagi hari sebaiknya tidak usah mandi. Toleransi tersebut bisa dikatakan salah. Kamu harus tetap mandi, baik pada malam hari maupun pagi hari. Mengapa begitu?

Mandi pada malam hari memiliki tujuan untuk membersihkan tubuh dari aktivitas seharian. Tentu, ini berbeda dengan tujuan mandi di pagi hari, yaitu memberi kesegaran pada tubuh sebelum melakukan aktivitas.

Dikutip dari sheerluxe, terdapat 3 manfaat mandi di pagi hari seperti berikut.

1. Menurunkan hormon kortisol

Menurut Dr Mona Gohara, ahli dermatologi dan profesor di Yale, mandi di pagi hari dapat memberikan sedikit waktu untuk meditasi sebelum melakukan kesibukan selama seharian. Hal ini dapat menjaga kadar kortisol atau hormon stres.

Kadar kortisol kita mulai naik secara alami pada pagi hari dan memuncak sekitar pukul delapan pagi, sehingga mandi dianggap sebagai upaya untuk mengurangi rasa stres.

2. Meningkatkan kreativitas

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mandi dapat memicu kreativitas. Dr Shelley Carson yang merupakan dosen psikologi Harvard, berpendapat bahwa mandi di pagi hari adalah waktu terbaik untuk menenangkan pikiran dan menemukan banyak ide.

3. Membuat kulit menjadi bagus

Yen Reis yang merupakan seorang pendiri merek perawatan kulit dan klinik wajah di Skin Laundry, mengatakan bahwa memijat wajah dengan air hangat di pagi hari, dapat merangsang sel-sel kulit. Hal ini bisa berdampak baik untuk perawatan kulit berminyak dan berjerawat.



Simak Video "Makan Gorengan Berlebihan Bisa Bikin Kulit Cepat Tua Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)