Minggu, 26 Jul 2020 08:10 WIB

Marquez Batal Balapan karena Belum Kuat Geber Motor, Bagaimana Terapinya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Repsol Honda Teams Spanish rider Marc Marquez takes part in the third MotoGP free practice session of the Andalucia Grand Prix at the Jerez race track in Jerez de la Frontera on July 25, 2020. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP) Marquez sempat ikut sesi kualifikasi sebelum memutuskan batal balapan. (Foto: AFP/JAVIER SORIANO)
Jakarta -

Pembalap MotoGP Repsol Honda Marc Marquez membatalkan rencana balapan di Sirkut Jerez, Minggu (26/7/2020). Hal ini menyusul kejadian patah tulang lengan atas (humerus) karena kecelakaan saat balapan pekan lalu di ajang MotoGP Spanyol.

Marquez mengaku sudah berusaha mencoba kembali secepatnya ke atas lintasan. Namun, saat menjalani sesi kualifikasi pada hari Sabtu (25/7/2020), ia masih belum bisa menggunakan penuh kekuatan tangannya.

"Entah itu bengkak atau apa, tiba-tiba tangan saya tak berdaya. Di situlah anda harus lebih realistis dengan diri sendiri. Sebagaimana saya berjanji kepada Honda, saya harus mendengarkan apa kata tubuh saya dan juga sensasi yang saya rasakan," kata Marquez kepada DAZN, dilansir dari Marca.

Lama pemulihan patah tulang humerus bisa dipengaruhi berbagai faktor, termasuk jenis dan tingkat keparahannya. Dengan atau tanpa operasi, biasanya butuh waktu beberapa pekan untuk bisa pulih 100 persen.

Dikutip dari Focus Physiotherapy, secara alami tubuh akan berusaha menyambungkan tulang yang patah selama 4-6 minggu. Dibutuhkan juga waktu fisioterapi kurang lebih sama agar tbuh terhindar dari risiko cacat dan fungsi gerak area yang patah kembali pulih.

"Tulang patah tidak meninggalkan bekas luka yang terlihat, tapi kamu bisa mengalami kerusakan otot bila menghindari latihan kekuatan dengan fisioterapi," tulis ahli fisioterapi Anthony Grande dari Focus Physiotherapy.

Fisioterapi yang dijelani dalam kasus tulang patah bagian lengan melibatkan berbagai latihan kekuatan otot tangan. Terapis akan menilai berbagai indikator mulai dari kekuatan genggaman hingga bisa bergerak mengangkat tangan tanpa rasa sakit.

Bentuk latihan spesifiknya disesuaikan oleh terapis demi mendapat manfaat yang maksimal dan meminimalisir risiko cedera tambahan.



Simak Video "Mengenal Metatarsal, Cedera Patah Tulang yang Dialami Luna Maya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)