Minggu, 26 Jul 2020 13:38 WIB

Rencana Cadangan Jika Vaksin Corona Tak Bisa Terwujud dalam Waktu Dekat

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Oxford University: Produksi Vaksin Corona Mungkin Bisa Dimulai Akhir Tahun Ini Apa rencana cadangan bila kandidat vaksin yang menjanjikan ternyata gagal? (Foto: DW News)
Jakarta -

Perkembangan vaksin Corona di Amerika Serikat (AS) telah menunjukkan hasil yang baik. Bahkan, pakar kesehatan terkemuka di AS, Dr Anthony Fauci, menyatakan harapannya terhadap kemajuan perkembangan vaksin tersebut.

Namun, sejumlah pakar lain justru merasa khawatir dengan beredarnya kemajuan vaksin Corona. Sebab, masyarakat malah jadi terlena dan mengabaikan protokol kesehatan karena merasa yakin dan percaya vaksin akan segera ditemukan.

Beberapa kandidat vaksin Corona, seperti di Inggris dan China, menunjukkan kemajuan pengembangan yang positif. Namun, tidak menutup kemungkinan pada uji klinis selanjutnya yang jauh lebih besar akan mengungkapkan adanya efek samping yang serius atau batasan efektivitas dari vaksin tersebut.

Presiden Foundation for Research on Equal Opportunity, Avik Roy, berpendapat bahwa para pejabat harus membuat rencana dan berasumsi jika vaksin atau pengobatan lainnya tidak dapat terwujud.

"Saya menghabiskan belasan tahun sebagai investor di perusahaan biotech," ujar Roy.

"Ketika Anda terlibat dalam pengembangan pengobatan baru, Anda akan menyadari seberapa sering mereka gagal, seberapa sering data yang terlihat menjanjikan pada tahap awal tidak berjalan sesuai harapan pada tahap akhir," jelasnya.

Karena itu, dalam menghadapi skenario terburuk yang bisa saja terjadi, para ahli pun memberikan saran beberapa rencana cadangan seperti berikut ini:

- Meningkatkan kapasitas dan kecepatan pengolahan hasil tes Corona. Sehingga, dapat membantu dalam mendeteksi wabah agar tidak semakin lepas kendali.

- Merekrut dan melatih lebih banyak pelacak kontak dekat dan mengembangkan aplikasi digital untuk mempermudah pelacakan penyebaran virus.

- Menemukan perawatan yang efektif dan mempercepat pemulihan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan bertahan hidup pasien.

- Mantan pejabat kesehatan Obama, Andy Slavitt, menyerukan dorongan nasional untuk memproduksi masker N95 berkualitas tinggi agar bisa digunakan masyarakat umum dalam kehidupan sehari-hari.



Simak Video "BPOM Sebut Tak Ada Efek Samping Berat pada Relawan Vaksin Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)