Minggu, 26 Jul 2020 14:41 WIB

Dilelang, Resep Obat Pakai Muntahan Kodok dari Sir Isaac Newton

Firdaus Anwar - detikHealth
Salah Satu Katak Berbahaya Bagi Australia Masuk Dari Bali Lewat Koper Bawaan Ilustrasi kodok, yang muntahannya digunakan Newton untuk resep obat. (Foto: ABC Australia)
Jakarta -

Nama Sir Isaac Newton terkenal sebagai ilmuwan yang menemukan hukum gerak dan gravitasi. Tapi, tahukah kamu bahwa ia ternyata juga sempat bereksperimen membuat obat yang resepnya kini dianggap cukup unik karena memanfaatkan muntahan kodok.

Diketahui Newton membuat resep ini untuk menghadapi penyakit pes yang pada tahun 1.660-an belum ada obatnya. Dalam dua halaman kertas, Newton menulis instruksi agar menggantung terbalik kodok di perapian selama tiga hari.

Selama periode itu kodok akan memuntahkan isi perutnya yang dideskripsikan sebagai "tanah bercampur berbagai jenis serangga". Muntahan ini harus ditambung di wadah terbuat dari lilin berwarna kuning.

Newton lalu membuat bangkai kodok yang sudah mati menjadi bubuk, dicampur ke muntahan, lalu dibuat menjadi bentuk padat. Obat yang dihasilkan bisa dipakai di "area yang sakit".

Dikutip dari Live Science, halaman kertas yang berisi resep dan instruksi obat dari Newton tersebut kini dilelang.

Pes sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Yersinia pestis. Obatnya adalah antibiotik yang ditemukan oleh seorang peneliti bernama Alexandre Yersin pada tahun 1894.



Simak Video "BPOM Temukan 48 Ribu Iklan Obat Ilegal, Termasuk Herbal Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)