Selasa, 28 Jul 2020 15:43 WIB

Bantah Konspirasi Corona, Jubir Satgas COVID-19 Ingatkan Public Figure

Firdaus Anwar - detikHealth
Seorang warga melintas di dekat Mural perjuangan Tim Medis melawan Covid-19 di daerah Limo, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). Mural itu sebagai ucapan terima kasih kapada tim medis yang menangani pasien Corona. (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta -

Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, menanggapi ramainya teori konspirasi terkait wabah virus Corona COVID-19. Ia mengingatkan agar figur publik berhati-hati dalam menyampaikan informasi.

Dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB pada Selasa (28/7/2020), Wiku membantah bahwa wabah Corona merupakan konspirasi. Ia menyebut sudah banyak fakta dan data di seluruh dunia yang bisa jadi bukti.

"Perlu kami tegaskan bahwa COVID-19 bukan konspirasi. Seperti yang kita lihat bersama kasusnya semakin lama semakin meningkat, tidak hanya di Indonesia tapi juga seluruh dunia. Banyak korban berjatuhan, banyak tenaga kesehatan yang gugur," kata Wiku.

"Terkait figur terkenal di mata publik, setiap tindakan atau ucapan yang dikeluarkan oleh figur, terutama yang memiliki perhatian dari masyarakat, agar betul-betul bisa menjaga dan menyampaikan pesan berdasarkan data dan informasi benar dari sumber yang dapat dipercaya. Silahkan bertanya pada para pakar," lanjutnya.

Wiku tidak menjelaskan lebih rinci siapa figur publik yang dimaksud. Namun, di media sosial nama seperti artis Jerinx SID dan Anji belakangan jadi sorotan karena dianggap meremehkan COVID-19.

Jerinx belakangan ini bahkan ikut serta dalam demonstrasi penolakan tes rapid dan swab sebagai syarat administrasi.



Simak Video "Peneliti Rilis Gambar Paru-paru Pasien Terinfeksi Virus Corona COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)