Rabu, 29 Jul 2020 05:52 WIB

6 Warna Feses dan Artinya Terkait Kondisi Kesehatan

Elsa Himawan - detikHealth
fakta seputar buang air besar Warna feses bisa menunjukkan kondisi kesehatan (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Feses merupakan hasil kotoran dari proses pencernaan. Kotoran ini terdiri dari sisa-sisa makanan yang tidak dapat dicerna, bakteri, garam, dan zat lainnya. Terkadang, feses dapat bervariasi dalam warna, tekstur, jumlah, dan bau.

Perbedaan jenis feses merupakan hal yang wajar. Akan tetapi jika kotoran tersebut sampai mengeluarkan darah, kamu harus segera memeriksanya ke dokter. Meski demikian, janganlah menunggu feses mengeluarkan darah dulu, baru mulai memperhatikan kesehatan tubuhmu. Kamu bisa memulainya setiap pagi dengan memeriksa jenis feses yang dikeluarkan.

Ciri-ciri feses yang normal:

1. Berwarna kecoklatan
2. Beraroma kuat
3. Tidak merasakan sakit ketika mengeluarkan feses
4. Teksturnya lembut hingga agak keras
5. Buang air besar setiap satu atau dua kali sehari.

Selain itu, kamu juga bisa memeriksa warna dari feses mu. Tidak perlu merasa jijik, karena upaya ini sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan tubuhmu.

Berikut warna-warna feses yang dapat menunjukkan kondisi kesehatanmu:

1. Berwarna kehitaman

Kotoran yang berwarna hitam, terutama jika warnanya persis seperti bubuk kopi, menandakan adanya perdarahan gastrointestinal (saluran pencernaan).

2. Berwarna pucat

Jika kotoran berwarna putih, abu-abu, atau pucat, seseorang mungkin memiliki masalah dengan hati atau kantong empedu. Hal ini menunjukkan kurangnya empedu di dalam tubuh.

3. Berwarna kehijauan

Konsumsi sayuran hijau bisa menyebabkan kotoran berwarna hijau. Namun, tinja berwarna hijau kemungkinan juga disebabkan karena terlalu banyak empedu dan tidak cukup bilirubin (hasil dari pemecahan sel darah merah yang sudah tua)a di kotoran.

4. Berwarna kemerahan

Kotoran yang berwarna merah kemungkinan merupakan hasil pendarahan di saluran pencernaan. Sejumlah kecil darah dalam kotoran juga bisa menunjukkan wasir. Waspadai jika berlanjut, bisa jadi pertanda kanker usus.

5. Berwarna oranye

Mengkonsumsi banyak makanan berwarna oranye yang kaya akan pigmen juga bisa menyebabkan feses menjadi warna oranye. Akan tetapi faktor lain juga bisa dikarenakan tersumbatnya saluran empedu dikarenakan konsumsi obat-obatan tertentu.

6. Berwarna kekuningan

Jika kotoran tampak kuning atau berminyak, kemungkinan dikarenakan kotoran mengandung banyak lemak. Hal ini mungkin terjadi akibat penyerapan atau kesulitan menghasilkan enzim.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)