Rabu, 29 Jul 2020 08:47 WIB

Tak Lagi 14 Hari, CDC Ubah Masa Isolasi Pasien Corona Bergejala Ringan-Sedang

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Mutasi virus corona yang membingungkan para ilmuwan CDC ubah masa isolasi pasien Corona bergejala ringan-sedang. (Foto: BBC World)
Jakarta -

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat AS (CDC) merevisi pedoman virus Corona COVID-19 terkait masa isolasi. CDC mengatakan pasien Corona dengan gejala ringan hingga sedang hanya perlu menyelesaikan 10 hari isolasi.

Saat dokter dan ilmuwan terus mendapatkan pengetahuan yang lebih baik tentang virus Corona baru dan lebih banyak penelitian yang dirilis, CDC menemukan bahwa mereka yang memiliki kasus COVID-19 ringan tidak harus dikarantina selama 14 hari. Mereka juga tidak perlu dites kembali sebelum kembali bekerja.

Ilmuwan menemukan bahwa 10 hari setelah timbulnya gejala, pasien Corona yang mereka pelajari tidak memiliki virus yang berpotensi mereplikasi. Sekitar 88 persen pasien dengan kasus virus Corona parah ditemukan tidak berisiko menularkan virus lagi setelah 10 hari, dan 95 persen pasien setelah 15 hari.

CDC juga menjelaskan sebuah studi menemukan bukti infeksi ulang atau reinfeksi dalam tiga bulan pertama sejak dinyatakan positif Corona tidak mungkin terjadi. Namun, jika seseorang menunjukkan gejala setelah tiga bulan, mereka mungkin dinyatakan tertular virus Corona kembali. Hanya ada bukti terbatas yang menunjukkan infeksi ulang atau reinfeksi Corona, menurut CDC.

Keputusan pengubahan pedoman masa isolasi yang dilakukan CDC, berdasarkan gejala Corona yang dilaporkan pasien secara umum. Khususnya pada pasien Corona bergejala ringan hingga sedang.

Berikut daftar gejala virus Corona menurut CDC:

- Demam atau kedinginan
- Batuk
- Napas pendek atau sulit bernapas
- Kelelahan
- Otot atau sakit tubuh
- Sakit kepala
- Kehilangan rasa atau bau baru
- Sakit tenggorokan
- Hidung tersumbat atau berair
- Mual atau muntah
- Diare

CDC telah menyusun daftar tanda peringatan atau kondisi yang harus diwaspadai terkait virus Corona COVID-19 seperti berikut:

- Kesulitan bernapas
- Nyeri atau tekanan yang menetap di dada
- Ketidakmampuan untuk bangun atau tetap terjaga
- Bibir atau wajah kebiruan

CDC merekomendasikan seluruh masyarakat untuk mewaspadai tanda atau gejala yang dirasakan. Sebaiknya, langsung menghubungi pihak medis agar bisa segera teratasi dengan tepat.



Simak Video "Deretan Negara yang Terapkan Kremasi untuk Jasad Pasien Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)