Kamis, 30 Jul 2020 05:00 WIB

Mengapa Tubuh Terasa Lebih Dingin Saat Bangun Tidur?

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Young woman sleeping in bed. Space for copy. Tubuh terasa lebih dingin saat bangun tidur (Foto: iStock)
Jakarta -

Belakangan ini, suhu terasa lebih dingin di pagi hari. Terlepas dari faktor cuaca, tubuh memang punya mekanisme menurunkan suhu jadi lebih dingin saat baru bangun tidur. Kenapa bisa begitu ya?

Dikutip dari Terrycralle, penyebab tubuh terasa dingin di pagi hari adalah suhu tubuh yang secara alamiah turun saat tidur. Hal ini berfungsi membantu tidur lebih nyenyak. Selama tidur, suhu tubuh terus turun sampai beberapa jam sebelum bangun.

Ketika bangun tidur, suhu tubuh mulai naik dengan sendirinya, tetapi kenaikan suhu pada pagi hari biasanya tidak terjadi dengan cepat. Sehingga tidak dapat menghangatkan tubuh Anda dan mengakibatkan saat bangun tidur tubuh Anda terasa sangat dingin.

Proses pengaturan suhu ini bekerja sesuai dengan ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah sekelompok sistem internal yang kompleks dalam mengatur siklus tidur dan bangun. Kehilangan ritme sirkadian dapat secara signifikan mengganggu kualitas tidur.

Salah satu pengaruh utama ritme sirkadian adalah jumlah paparan cahaya biru. Sekitar malam hari, jumlah cahaya yang di terima biasanya turun dibandingkan pagi maupun siang hari. Akibatnya, ritme sirkadian memicu serangkaian proses yang membuat mengantuk, termasuk pelepasan hormon tidur, dan penurunan suhu tubuh secara progresif yang dapat membuat tubuh terasa dingin di malam hari dan terutama ketika bangun tidur.



Simak Video "Viral Dokter Ragukan Termometer Tembak, Banyak yang Alami Serupa"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)