Rabu, 29 Jul 2020 19:21 WIB

Sulit Tenangkan Pikiran Saat Ingin Tidur? Ini 3 Tips Mengatasinya

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Seorang perempuan mengalami insomnia. Ilustrasi seseorang sedang sulit tidur. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Saat beristirahat, beberapa orang bisa tanpa kesulitan tertidur. Tetapi bagi sebagian lainnya, ada yang harus berusaha ekstra agar bisa tenang tertidur.

Banyak pikiran sebelum tidur bisa membuat seseorang sulit terlelap, akhirnya berujung insomnia. Lalu bagaimana caranya menenangkan pikiran agar bisa cepat tidur?

Simak 3 tips berikut, seperti dikutip dari Thecut:

1. Pikirkan hal yang membuat Anda tenang

Pakar tidur Neil Stanley mengatakan syarat agar cepat tidur adalah pikiran yang tenang. Anda tidak akan dapat terlepas dari pikiran yang menganggu di otak, tetapi cobalah untuk memikirkan yang membuat Anda tenang daripada memikirkan yang membuat Anda khawatir.

Dengan adanya pikiran yang tenang, otak Anda akan rileks.

2. Bangun dari tempat tidur

Selama 20 menit jika tetap tidak bisa tidur, peneliti Jenni Juni menyarankan untuk bangun dari tempat tidur tanpa memainkan ponsel ataupun menonton TV. Duduklah di sofa dan jika sudah rileks kembalilah ke tempat tidur dan atur napas, kemudian pejamkan mata.

3. Cobalah untuk tidak memaksa tidur.

Bila tidak bisa tidur membuat Anda khawatir, seperti takut kesiangan, jangan pernah memaksakan mata untuk memejamkan mata dan berpikir untuk segera tidur. Cara tersebut justru membuat Anda frustasi sehingga semakin sulit tidur.

"Cobalah untuk tidak berusaha keras untuk mengatasi sulit tidur, karena dapat memperburuk insomnia. Salah satu pendekatan yang berhasil untuk mengatasinya adalah belajar mengamati penyebabnya dan rileks lah," ucap Jenny Stephenson, direktur Happy Sleepers.



Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)