Kamis, 30 Jul 2020 09:35 WIB

Sembuh dari Corona, Wanita Ini Ceritakan Gejala Aneh yang Masih Dialaminya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Covid-19: Bagaimana mutasi memberi petunjuk tentang penyebaran dan asal-usul virus corona Pasca sembuh, wanita ini merasakan gejala aneh yang masih dialaminya. (Foto ilustrasi: BBC Magazine)
Jakarta -

Gejala virus Corona COVID-19 yang dialami pasien sangat beragam, tetapi pada umumnya pasien Corona sering mengeluhkan gejala batuk, demam, hingga sesak napas. Namun, seorang wanita telah merinci tanda atau gejala yang ia alami setelah pulih dari virus Corona COVID-19.

Dikutip dari Daily Star, Elizabeth Moore, asal Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa ia mulai mengalami gejala yang menakutkan, dan gejala Corona tersebut sulit dijelaskan. Gejala Corona ini ia alami beberapa bulan setelah dinyatakan pulih dari virus Corona.

"Saya bisa merasakannya di tubuh saya entah dari mana," jelas Elizabeth.

"Sensasi mendengung, terburu-buru seperti ini, kesemutan di tanganku, terutama di sebelah kiriku, tetapi juga aku rasakan di kedua sisi," lanjutnya.

Wanita berusia 43 tahun itu mengatakan dia tidak pernah memiliki masalah medis sampai sekarang. Elizabeth mengungkapkan bahwa ia seringkali mengalami sulit tidur karena sensasi kesemutan, membuatnya terbangun dan terengah-engah.

Dia mengatakan gejala tersebut masih muncul meskipun sudah berusaha diberikan atau dikompres air dingin ke bagian punggungnya. Ia pun merasakan jantungnya berdegup kencang.

"Saya benar-benar mengira saya mengalami serangan jantung atau stroke, seperti itulah rasanya bagi saya. Itu menakutkan," kata Elizabeth.

Selain sensasi di lengannya, Elizabeth mengatakan dia juga mengidap kelelahan ekstrem, kabut otak, dan masalah pencernaan.

Namun, tiga gejala yang disebut National Health Service (NHS) adalah:

- Suhu tinggi
- Batuk lebih dari 1/3 jam hingga 24 jam
(kondisi batuk lebih buruk dari biasanya)
- Mengalami gangguan pada indra perasa dan penciuman

Jika menemukan gejala-gejala seperti itu, ada baiknya untuk mengisolasi diri terlebih dahulu setidaknya selama satu minggu untuk menghindari penyebaran virus Corona. Jika gejala terus bertambah atau tidak kunjung sembuh, segera cari pertolongan medis.



Simak Video "Satgas Sebut Banyak Orang Masih Tak Percaya Bahaya Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)