Kamis, 30 Jul 2020 11:00 WIB

Presiden Belarus Klaim Dirinya Sembuh dari Corona Tanpa Gejala Apapun

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Presiden Belarus Presiden Belarus akui dirinya sembuh dari Corona. Foto: (AFP/ALEXANDER ZEMLIANICHENKO)
Jakarta -

Presiden Belarus, Alexander Lukashenko, mengklaim dirinya telah sembuh dari infeksi virus Corona COVID-19, tanpa mengalami gejala apapun.

"Saya minta maaf atas pendapat saya akhir-akhir ini. Tapi, yang paling mengejutkan adalah hari ini Anda melihat seseorang bisa sembuh dari virus Corona," katanya saat berkunjung ke sebuah pangkalan militer, dikutip dari CNN, Kamis (30/7/2020).

"Seperti yang saya katakan, 97 persen orang mengalami penyakit ini tanpa adanya gejala. Dan terima kasih Tuhan, saya berhasil masuk ke dalam kelompok orang-orang tanpa gejala ini," imbuhnya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) pun telah memperkirakan, sekitar 40 persen orang yang terinfeksi COVID-19, tidak mengalami gejala apapun. Lukashenko ini berulang kali menampik ancaman yang muncul karena COVID-19.

Dia juga pernah memberikan resep untuk mencegah Corona, dengan vodka dan sauna, menyebut Corona sebagai psikosis massal. Psikosis sendiri merupakan kondisi di mana seseorang tidak membedakan mana realita dan imajinasi massal.

Bahkan, Presiden Belarus sempat menolak menerapkan lockdown di negaranya. "Lebih baik mati berdiri daripada hidup dengan berlutut," ujarnya dalam sebuah wawancara dengan televisi pemerintah pada Maret lalu.

Belarus merupakan negara dengan penduduk berjumlah 9,5 juta orang. Negara ini juga telah melaporkan kasus virus Corona sebanyak 67.366 dengan angka kematian sebesar 543 kasus.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)