Kamis, 30 Jul 2020 11:30 WIB

Kasus Corona di Negara Ini Menurun Tanpa Lockdown, Apa Strateginya?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Swedia diketahui tak menerapkan lockdown meski negara itu kini tengah berjibaku hadapi Corona. Dilaporkan ada 3.500 kasus positif Corona di negara tersebut. Swedia, negara di Eropa yang tak terapkan lockdown untuk cegah virus Corona. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Saat banyak negara memberlakukan lockdown untuk menekan angka kasus Corona, negara ini justru tidak menerapkannya. Salah satu negara di Eropa Utara, yaitu Swedia tidak melakukan lockdown tetapi angka kasus Corona di sana dilaporkan menurun.

"Kurva turun dan kurva kasus sakit yang parah mulai mendekati angka nol. Secara keseluruhan, ini sangat positif," ujar kepala epidemiologi Swedia, Anders Tegnell dikutip dari Fox News, Kamis (30/7/2020).

Negara ini pun hanya melaporkan dua kasus kematian baru pada Selasa (28/7/2020), hingga totalnya menjadi 5.702.

"Dengan jumlah yang berkurang dengan sangat cepat di Swedia, kami melihat tidak ada gunanya memakai masker di sini, bahkan di transportasi umum sekalipun," imbuh Tegnell.

Meskipun pemerintah Swedia menolak lakukan lockdown, mereka tetap melarang adanya pertemuan massal. Selain itu, mereka tetap memerintahkan masyarakatnya menjaga jarak fisik, tetapi sekolah dan restoran tetap dibuka.

Profesor klinis epidemiologi penyakit menular global di Stockholm Karolinska Institute, Stockholm, Anna Mia Ekström, mengatakan bahwa pihaknya benar-benar melihat adanya penurunan jumlah pasien virus Corona. Baik pasien dari ICU maupun kasus kematian, sejak pertengahan April lalu.

"Sekarang kita melihat 1 atau 2 kematian dalam sehari, dan sangat sedikit orang yang dirawat di ICU," tambah Jan Albert, profesor pengendalian penyakit menular di Institut Karolinska.

Jan Albert menambahkan, kondisi negaranya saat ini jauh lebih baik daripada beberapa bulan lalu, tepatnya pada bulan April 2020.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)