Kamis, 30 Jul 2020 14:53 WIB

Sudah Pakai APD Kok Masih Bisa Terinfeksi Corona? Ini Kata Dokter

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Sejak memasuki pandemi COVID-19, petugas medis terus berjuang tiada henti untuk memerangi Corona. Ilustrasi dokter dengan alat pelindung diri lengkap. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Viral di media sosial kisah seorang dokter yang menceritakan dirinya terinfeksi virus Corona COVID-19. Dokter tersebut bernama Ardi (25), ia bertugas sebagai dokter umum di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta Pusat.

Ardi menjelaskan, selama bertugas merawat pasien Corona selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap dan mematuhi protokol kesehatan. Namun, tetap saja ia terinfeksi virus Corona.

"Dari mana sih kok bisa kena COVID-19? Nggak tahu juga sih, di RS selalu pakai APD. Gue juga nggak keluar kos, diam di kos saja nggak ketemu siapa-siapa kecuali pas on the way ke RS naik ojol," tulis Ardi dalam akun Twitter pribadinya, @Ardilol, Rabu (29/7/2020).

Menurut Ardi, ada beberapa kemungkinan yang membuatnya tetap terinfeksi virus Corona meski sudah mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya adalah melakukan kontak fisik dengan orang yang positif COVID-19 namun tanpa gejala.

"Kalau kemungkinan ya banyak, antara faktor APD (bolong atau nggak sesuai standar), human (cuci tangan nggak bersih, nggak sengaja nyentuh wajah), atau lingkungan (pas nggak pakai APD di ruang istirahat, ngobrol sama nakes lain yang ternyata positif), bisa juga pas di jalanan pulang-pergi RS, kan masih banyak tuh di jalanan nggak pakai masker, padahal virusnya sudah airborne apalagi di Jakarta," kata Ardi melalui pesan singkat kepada detikcom, Kamis (30/7/2020).

Selain itu, Ardi mengatakan sebelumnya sudah ada beberapa teman sejawatnya yang juga dinyatakan positif COVID-19.

"Sudah ada dua dokter sebelum saya tapi OTG. Perawat juga sudah sekitar 10 OTG juga," jelasnya.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)