Kamis, 30 Jul 2020 13:10 WIB

Viral Pengalaman Dokter di Jakarta Terinfeksi Corona, Tegaskan Bukan Hoax

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ilustrasi pasien di rumah sakit Ilustrasi pasien di rumah sakit. (Foto: iStock)
Jakarta -

Cuitan seorang tenaga medis bernama Ardi (25) yang menceritakan dirinya terinfeksi virus Corona COVID-19 viral di media sosial. Melalui akun Twitter pribadinya, @Ardilol, ia mengajak masyarakat agar tidak menyepelekan COVID-19.

Hingga kini, Kamis (30/7/2020), tweet tersebut telah mendapat lebih 21 ribu retweet dan 51 ribu like.

"Hi, saya seorang tenaga medis di Jakarta dan sekarang saya positif COVID-19, daripada saya down di ruang isolasi, mungkin mending saya bikin thread perjalanan COVID-19. Biar pada tahu ini bukan hoax," tulis @Ardilol dalam tweetnya, Rabu (29/7/2020).

Saat dikonfirmasi detikcom, Ardi merupakan dokter umum di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta Pusat. Ia bertugas sebagai garda terdepan untuk merawat pasien Corona sejak COVID-19 melanda Indonesia.

"Saya dokter, langsung turun ke pasien COVID-19. Jadi garda terdepan di IGD, jaga ICU, dan ruang isolasi juga," kata Ardi saat dihubungi detikcom, Kamis (30/7/2020).

Selama bertugas di rumah sakit, Ardi mengatakan selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Bahkan dia selalu mempraktekkan protokol kesehatan yang telah disarankan pemerintah.

Namun, ia tetap saja bisa terinfeksi virus tersebut. Menurutnya, kemungkinan ia terinfeksi karena virus Corona sudah menyebar dengan cepat di Indonesia.

Terutama masih banyak yang tidak menggunakan masker di jalanan yang mungkin saja membawa virus ini.

"Asal kalian tahu virus ini nggak pilih-pilih mau orang kaya atau miskin, ganteng atau jelek, tua atau baru brojol, dokter atau pedagang, asal punya mata, hidung, mulut ya dia (virus) masuk saja. Jadi please pakai masker kalian," jelasnya.

Alami beberapa gejala COVID-19

Sebelum dinyatakan positif COVID-19, Ardi mengatakan dirinya mengalami beberapa gejala, seperti demam, batuk, dan kehilangan indra penciuman. Setelah mengalami gejala itu, ia langsung melakukan tes swab untuk mengetahui apakah dirinya terinfeksi virus Corona atau tidak.

"Gue stres karena kesal nggak bisa nyium apa-apa kaya kehilangan salah satu indra penting," ujarnya.

"Terus gue semprot parfum ke hidung gue saking nggak percayanya, still nggak ada bau apa-apa cuma gue sakit saja ke tusuk tajamnya alkohol si parfum," tambahnya.

Setelah diperiksa, hasilnya menunjukkan bahwa Ardi positif terinfeksi virus Corona COVID-19. Tweetnya tersebut pun telah menuai banyak respons dari para netizen.

"Aku takut, tapi di satu sisi aku keluar untuk cari uang buat makan sama jajan, sama buat bayar cicilan. Oh tuhan kapan ini semua berakhir, ayo semuanya pakai masker," tulis @meg**e*i.

"Nggak percaya kalau COVID itu ada, itu hak masing-masing orang. Tapi setidaknya lakukan protokol kesehatan yang memang dianjurkan. Kalau bukan buat diri sendiri, ya buat orang-orang terkasih di rumah, buat orang-orang di sekitar yang mungkin imun tubuhnya nggak sebagus kita. Nggak perlu egois sampai segitunya," tulis @Cu*P*Cint*pi.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)