Jumat, 31 Jul 2020 18:43 WIB

Pertama Kalinya! Vietnam Laporkan Kasus Kematian Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Hingga kini, Vietnam tidak memiliki satu pun kasus kematian akibat virus Corona. Vietnam pun menjadi sorotan di dunia karena dinilai berhasil tangani Corona. Vietnam laporkan kasus kematian pertama akibat virus Corona. (Foto: Getty Images/Linh Pham)
Jakarta -

Pertama kalinya Vietnam melaporkan kasus kematian Corona. Vietnam mengkonfirmasi kematian pertama Corona pada Jumat (31/7/2020). Seorang lelaki tua yang dinyatakan positif Corona di Danang, kota tempat virus Corona kembali muncul di Vietnam minggu lalu setelah 100 hari tidak ada kasus transmisi lokal.

"Pria itu, 70 tahun, meninggal hari Jumat," kata media pemerintah, dikutip dari Channel News Asia.

Sebelumnya pada hari Jumat, Kementerian Kesehatan Vietnam melaporkan 45 kasus virus Corona COVID-19 baru terkait dengan wabah Corona yang merebak di pusat kota Danang baru-baru ini. Penambahan kasus Corona tersebut menandai peningkatan harian tertinggi sejak kasus pertama Corona muncul di Vietnam pada akhir Januari.

Para pasien baru, berusia antara 27 hingga 87 tahun, terkait dengan empat rumah sakit dan sebuah hotel di Danang. "Total infeksi sejak virus muncul kembali Sabtu lalu, telah mencapai 93 kasus," kata Kementerian Kesehatan Vietnam dalam sebuah pernyataan.

Hingga sebelum Jumat kemarin Vietnam menjadi satu-satunya negara dengan populasi besar yang tidak melaporkan kasus kematian Corona. Lonjakan kasus Corona terbaru membawa jumlah total kasus menjadi 509. Negara ini telah mencatat 100 hari tanpa kasus transmisi lokal sebelum muncul kembali kasus Corona.

Sebelumnya, Vietnam memulai pengujian massal virus Corona di ibukota Hanoi, melarang pertemuan di pusat ekonominya dan mendesak puluhan ribu pelancong domestik untuk melapor ke pihak berwenang pada hari Kamis. Tepatnya ketika Vietnam berjuang untuk menahan wabah Corona pertamanya lebih dari tiga bulan.

Pesan teks dikirim ke semua ponsel yang digunakan oleh 95 juta orang di Vietnam, mendesak siapa pun yang mengunjungi kota pesisir Danang yang populer pada Juli untuk melapor dan segera melakukan tes massal, usai gelombang baru virus Corona di Vietnam akhirnya menyebar ke enam kota dan provinsi hanya dalam beberapa hari.

Pejabat di Hanoi melakukan tes massal Corona kepada 21.063 penduduk yang baru saja kembali dari Danang, tempat liburan utama yang telah menjadi daya tarik besar bagi para pelancong domestik sejak pembatasan dilonggarkan di Vietnam. Pusat komersial selatan Kota Ho Chi Minh mengikuti Hanoi pada Kamis, menutup tempat hiburan dan melarang pertemuan setelah dua orang dinyatakan positif Corona di antara 18 ribu penduduk yang baru-baru ini berada di Danang.

Kini, penerapan lockdown atau pembatasan yang ketat telah diberlakukan di Danang dan penerbangan penumpang dihentikan selama 15 hari.



Simak Video "Pasien Terinfeksi Virus Corona di Vietnam Sembuh 100 Persen!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)