Jumat, 31 Jul 2020 19:19 WIB

Ini Alasan Kamu Tak Boleh Lewatkan Sikat Gigi Malam Ini

Elsa Himawan - detikHealth
ilustrasi sikat gigi Ilustrasi sikat gigi malam hari. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Tidak semua orang terbiasa sikat gigi di malam hari. Sebagian orang menganggap sikat gigi cukup dilakukan pagi hari saja.

Padahal rutinitas sikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari. Menyikat gigi di pagi hari dan malam hari sebelum tidur adalah upaya yang optimal untuk menjaga kesehatan gigi.

Terlebih lagi, menyikat gigi pada malam hari yang sebetulnya paling penting. Hal ini dikarenakan adanya sisa-sisa makanan yang tertinggal dari apa yang kita konsumsi selama seharian, menjadikan kotoran gigi menempel dan akhirnya membentuk sarang bakteri.

Berikut tiga alasan mengapa kamu tidak boleh melewatkan rutinitas sikat gigi malam ini, dikutip dari berbagai sumber.

1. Mengurangi penumpukan asam

Mulut akan terus menerus menghasilkan asam. Sebab, air liur di mulut memiliki asam untuk menetralkan kalsium di dalamnya.

Namun, selama malam hari produksi air liur menjadi rendah, karena produksi air liur rendah, asam pun akan menumpuk. Maka dari itu, rutin sikat gigi di malam hari bisa memastikan bahwa sekresi saliva tidak turun oleh fluoride yang dalam pasta gigi, dan akan mencegah gigi kamu terkorosi atau gigi menjadi terkikis.

2. Menghindari plak pada gigi

Menyikat gigi sebelum tidur menghindari plak pada gigi mengeras. Jika plak pada gigi mengeras, ada risiko terbentuk karang gigi yang bisa membuat bau mulut dan gusi berdarah.

3. Mengurangi multiplikasi bakteri air liur

Menjaga jumlah air liur pada malam hari dengan menyikat gigi sangat penting. Sebab, ketika tubuh tidak cukup memproduksi air liur, mulut akan kering dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Ketika kamu malas menyikat gigi, lama kelamaan plak (lapisan kotoran gigi) akan mengeras dan berkarang, sehingga tidak bisa dibersihkan hanya dengan benang ataupun sikat gigi saja. Kamu harus pergi ke dokter untuk membersihkan karang gigi tersebut.

Jika tetap dibiarkan, efeknya akan semakin buruk. Gusi yang tertumpuk plak akan menimbulkan infeksi. Bakteri pada infeksi itu menghancurkan jaringan gusi yang sehat. Akibatnya, terjadilah peradangan gusi.

Sebelum keparahan itu terjadi, maka kamu harus mulai rajin membiasakan aktivitas menyikat gigi pada pagi dan malam hari. Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan kumur-kumur setiap selesai makan sebagai salah satu upaya tambahan untuk menjaga kesehatan mulut.



Simak Video "Ilmuwan Turki Kembangkan Tes Corona dengan Obat Kumur"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)