Sabtu, 01 Agu 2020 06:50 WIB

Terungkap! Di Luar Dugaan, Sperma Nggak Jago-jago Amat Berenang

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
ilustrasi sperma Sperma bergerak dengan gerakan yang tidak terduga sebelumnya (Foto: iStock)
Jakarta -

Berabad-abad lamanya, sperma diyakini sebagai 'perenang' ulung yang bergerak dengan gesitnya menuju sel telur. Digambarkan, sperma berenang seperti belut dengan ekor yang meliuk-liuk lincah.

Anggapan itu sedikit terpatahkan oleh temuan terbaru, hasil visualisasi 3 dimensi berkecepatan tinggi. Terungkap, sperma berenang dengan gaya memutar sebagai akibat dari ekornya yang ternyata hanya bisa bergerak ke satu sisi.

"Hampir mirip jika Anda seorang perenang, tapi Anda cuma bisa menggoyangkan kaki ke satu sisi," kata Hermes Gadelha, ahli matematika dari University og Bristol yang memimpin riset tersebut, dikutip dari Livescience.

"Jika Anda melakukannya di kolam renang dan Anda hanya melakukannya ke satu sisi, Anda akan selalu berenang memutar," lanjutnya.

Gerakan sperma pertama kali diamati pada 1677 oleh Antonie van Leeuwenhoek, ilmuwan Belanda yang dikenal sebagai bapak mikrobiologi. Dengan mikroskop yang baru dikembangkan saat itu, Leeuwenhoek mengamati sperma dalam cairan semennya sendiri.

Pengamatan Leeuwenhoek menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa cairan tersebut berisi sel-sel kecil yang bergerak. Di bawah mikroskop 2 dimensi, ekor sperma tampak bergoyang ke dua sisi.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)