Senin, 27 Jul 2020 22:33 WIB

5 Fakta Testis Pria yang Ternyata Ukurannya Tak Selalu Sama

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
tren celupkan testis ke dalam kecap asin dan jus jeruk Beragam fakta unik soal testis pria (Foto: iStock)
Jakarta -

Testis pria merupakan organ penting dalam sistem reproduksi. Di organ inilah, jutaan sel sperma diproduksi setiap harinya.

Dalam keseharian, ada banyak fenomena menarik yang dialami testis. Selain sering bergerak sendiri, ukuran testis kiri dan kanan seringkali tidak sama.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Ada banyak teori yang menjelaskannya.

Berikut beberapa fakta unik yang harus Anda ketahui tentang testis pria:

1. Area yang sangat sensitif

Testis sangat penting untuk reproduksi pria seperti halnya dengan ovarium pada wanita. Tetapi testis sangat sensitif karena menggantung di luar tubuh. Selain itu, di dalam testis terdapat saraf yang sangat sensitif jika terkena pukulan.

Jika pria merasa adanya bahaya di area alat kelamin, maka otot-otot dalam skrotum testis otomatis akan menarik lebih dekat ke tubuh. Keadaan tersebut tidak hanya ada bahaya saja seperti saat pria dielus bagian belakang paha, skrotum testis mendekat dengan sendiri pada tubuhnya.

"Jika seorang pria merasa terancam atau takut, otot-otot testis akan berkontraksi tanpa dia menyadarinya," ucap Dr Michael Reitano, ahli kesehatan seksual di New York, dikutip dari Health.

2. Kanker testis sangat lambat terdeteksi

Tanda-tanda pria mengalami kanker testis yaitu pegal-pegal atau sakit di punggung, pangkal paha, perut kembung, perasaan berat pada skrotum. Namun, jika pria mengalami tanda tersebut mereka tidak menyadari itu adalah tanda tumor pada testis.

Tanda tersebut juga tidak selalu dirasakan saat pria mengalami tumor testis, sehingga sering terlambat terdeteksi karena tumor tersebut dapat tumbuh tanpa menularkan sakit pada organ lain.

Dalam hal ini, Dr Michael Reitano, ahli kesehatan seksual di New York, dikutip dari Healthline, mengatakan bahwa kulit skrotum begitu longgar sehingga tumor testis dapat tumbuh tanpa gejala khusus.

3. Bisa bergerak sendiri

Pernahkah Anda merasakan testis bergerak sendiri? Ya, itu sangat normal. Dikutip dari Culturacolectiva, ini disebabkan karena organ manusia diisi dengan aliran darah, sehingga jumlah darah yang mengalir menyebabkan gerakan otomatis.

Selain itu, testis sangat sensitif terhadap suhu. Itu sebabnya testis membutuhkan suhu khusus untuk memproduksi sperma dengan baik. Saat testis bekerja keras untuk menjaga suhu tetap normal, hal ini menyebabkan testis bergerak dengan sendirinya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]