Sabtu, 18 Jul 2020 19:31 WIB

Apakah Menelan Sperma Ada Manfaatnya? Ini Kata Pakar Kesehatan

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi sperma Apakah menelan sperma ada manfaatnya? (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Beberapa orang percaya menelan cairan sperma atau air mani dapat memberikan manfaat kesehatan. Ada yang percaya menelan sperma bisa membantu bikin gemuk hingga mencegah infeksi virus Corona COVID-19.

Blogger kesehatan bernama Tracey Kiss misalnya beberapa kali mengklaim menggunakan cairan sperma untuk kesehatannya. Ia pernah mengaku tidak pernah jatuh sakit dan siap melewati pandemi Corona berkat rutin mengonsumsi suplemen cairan sperma.

"Ini bukan untuk semua orang tetapi sperma penuh dengan vitamin dan saya belum pernah pilek atau flu sejak rutin meminumnya pada tahun 2017. Saya juga memakainya untuk wajah, membersihkan kulit saya," kata Tracey dikutip dari The Sun.

Apakah memang benar ada manfaat menelan sperma?

Cairan sperma diketahui dapat mengandung beberapa zat, mulai dari seng (zinc), fruktosa, glukosa, potasium, magnesium, kalsium, sitrat, asam laktat, klorida, hingga urea. Dikutip dari Healthline, kandungan cairan sperma tersebut menurut ahli kedokteran keluarga dr Stacy Sampson dari Des Moines University College relatif aman untuk dikonsumsi.

Hanya saja menurut dr Stacy perlu dicatat bahwa bukan berarti ada manfaat kesehatan langsung dari menelan cairan sperma.

Memang satu studi dari State University of New York melihat bahwa paparan cairan sperma dapat memperbaiki suasana hati atau mood wanita. Hanya saja studi ini masih dalam tahap awal dan aktivitas seksual apa pun secara umum bisa memiliki dampak yang sama.

Ahli kesehatan seksual pria, Dr Evan Goldstein, menjelaskan pada Men's Health bahwa menelan cairan sperma justru berisiko menularkan penyakit infeksi. Oleh sebab itu bila memang berpikir untuk melakukannya, pastikan cairan sperma datang dari pasangan yang sehat.

"Mengingat ini adalah cairan tubuh, bisa saja terkontaminasi oleh penyakit infeksi menular seksual," kata Dr Evan seperti dikutip dari Men's Health.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)