Sabtu, 01 Agu 2020 11:27 WIB

Ekonomi Terpuruk, Lebih dari 120 Ribu Anak Bisa Jadi Korban Malnutrisi

Firdaus Anwar - detikHealth
Feet on scales on wooden floor Pandemi Corona membuat anak-anak semakin rentan terhadap malnutrisi. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Pandemi virus Corona COVID-19 membuat ekonomi dunia terpuruk. Hal ini karena upaya pembatasan yang diandalkan untuk menekan laju penyebaran virus membuat aktivitas ekonomi di berbagai negara berhenti atau terhambat.

Terkait hal tersebut, peneliti dalam laporan yang dipublikasi di jurnal The Lancet melihat ada risiko 128.605 ribu anak jadi korban malnutrisi. Dengan keadaan ekonomi yang buruk, banyak anak di dunia terancam tidak mendapatkan asupan gizi yang dibutuhkan.

"Gangguan pada sistem ekonomi, makanan, dan kesehatan akibat COVID-19 diprediksi akan semakin memperparah segala bentuk malnutrisi. Prediksi dari International Food Policy Research Institute sekitar 140 juta orang akan jatuh pada jurang kemiskinan dengan penghasilan kurang dari Rp 28 ribu per hari di tahun 2020," tulis peneliti seperti dikutip dari The Lancet, Sabtu (1/8/2020).

"Analisis kami, yang diaplikasikan pada 118 negara berpendapatan menengah ke bawah, melihat bisa ada peningkatan 14,3 persen kasus malnutrisi parah pada anak-anak di bawah usia 5 tahun sebagai dampak semakin jatuhnya pendapatan per kapita suatu negara," lanjutnya.

Harapannya prediksi ini bisa jadi pengingat agar pemegang kepentingan segera mengambil tindakan pencegahan.



Simak Video "Brasil Mulai Uji Coba Vaksin COVID-19 Inggris untuk 2 Ribu Partisipan"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)