Sabtu, 01 Agu 2020 14:00 WIB

Viral Pria di Garut Minum Segelas Darah Sapi, Ini Bahayanya bagi Kesehatan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Pria Tua di Garut Minum Darah Sapi Pria di Garut bikin geger lantaran minum darah sapi. (Foto: tangkapan layar video viral)
Jakarta -

Baru-baru ini, seorang pria tua di Garut membuat heboh. Pria ini meminum segelas darah sapi segar yang baru saja disembelih saat Idul Adha.

Aksi nekatnya terekam kamera warga. Videonya pun tersebar di media sosial dan jadi perbincangan banyak warga Garut. Kejadian ini berlangsung Jumat (31/7/2020) saat proses penyembelihan hewan kurban. "Itu di daerah saya. Kejadiannya kemarin," kata warga yang merekam peristiwa itu saat dihubungi detikcom, Sabtu (1/8/2020).

Lalu apakah meminum darah sapi segar ada manfaatnya bagi kesehatan?

"Nggak benar ya (nggak ada manfaat bagi kesehatan). Secara agama juga tidak boleh, secara medis juga nggak bisa," jelas Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD- KGEH, MMB, saat dihubungi detikcom Sabtu (1/8/2020).

Prof Ari menegaskan aksi nekat ini bisa menimbulkan beragam penyakit. Sebab, darah sapi segar tersebut tidak bisa dipastikan steril.

"Darah sapi itu tentu tidak steril. Artinya, justru bisa macam-macam infeksi ada dalam darah itu," lanjut Prof Ari.

"Darah sapi itu kan kita belum tahu ada apa saja di sana, bisa mengandung bakteri, bisa mengandung virus, bisa mengandung berbagai macam penyakit," kata Prof Ari.

Jika mengandung bakteri, orang yang nekat meminum darah sapi bisa saja terkena diare. Apalagi, jika sapi terpapar virus, Prof Ari menilai orang tersebut bisa ikut terinfeksi virus.

Prof Ari juga menekankan, selama ini tidak ada pengobatan yang menganjurkan meminum darah sapi langsung. Terlebih jika sengaja meminumnya untuk mendapat beragam manfaat kesehatan.



Simak Video "Panduan WHO agar Aman dari COVID-19 saat Idul Adha"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)