Minggu, 02 Agu 2020 04:00 WIB

Ternyata Ini Sebabnya Saat Ciuman Selalu Refleks Memejamkan Mata

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Fakta ciuman Kenapa mata refleks terpejam saat berciuman? (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Pernahkah mengamati, hampir semua adegan ciuman di film-film selalu digambarkan sambil memejamkan mata? Disadari atau tidak, hal yang sama juga berlaku dalam keseharian.

Selain sebagai ungkapan kasih sayang, ciuman juga memberi berbagai manfaat kesehatan jika dilakukan dengan pasangan yang resmi. Perilaku ini memicu pelepasan endorfin dan oksitosin, dua hormon yang berhubungan dengan rasa senang dan bahagia.

Terkait refleks mata terpejam saat berciuman, penelitian Dr Sandra Murphy dan Dr Polly Dalton dari Royal Holloway, University of London, mengungkap alasannya. Mereka mencoba mempelajari perilaku berciuman manusia dengan berfokus pada bagaimana manusia memproses indra peraba.

Dikutip dari Mentalfloss, para ilmuwan meminta peserta penelitian menonton layar dengan menampilkan berbagai macam huruf dan memerintahkan mereka untuk menghitung berapa banyak huruf X atau N. Para ilmuwan juga memberikan mereka getaran menggunakan alat yang ilmuwan sediakan. Pada saat yang sama, peserta diminta untuk memperhatikan apakah mereka merasakan getaran yang dikirim ke tangan kiri atau kanan mereka. Namun, perserta tidak merasakan getaran.

Sehingga peneliti dapat menyimpulkan, saat Anda menerima banyak rangsangan visual, Anda cenderung tidak dapat merasakan sentuhan, atau fokus pada indera yang lain. Begitu juga saat sedang ciuman, sehingga mata tertutup dapat memberikan Anda dan pasangan Anda tetap fokus agar tidak mengalihkan perhatian ke hal lain dan benar-benar menikmati bagaimana rasanya ciuman. Selain itu saat Anda dan pasangan Anda sudah fokus, akan ada peluang untuk menuju hubungan seksual yang lebih intim.



Simak Video "Ternyata Inilah Etnis yang Paling Berisiko Masalah Kesehatan Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)