Minggu, 02 Agu 2020 14:24 WIB

Sering Disepelekan, Gigitan Tungau Bisa Timbulkan Gejala Serius Ini

Abu Ubaidillah - detikHealth
Ilustrasi Gatal Tungau Foto: shutterstock
Jakarta -

Apakah Anda pernah tiba-tiba merasa gatal dan muncul bintik-bintik merah setelah bangun tidur dari kasur? Mungkin saja hal tersebut diakibatkan karena gigitan tungau!

Tungau sendiri memiliki bentuk yang cukup kecil sehingga membuat keberadaannya sulit terdeteksi. Akibatnya, banyak orang yang tak menyadari bahwa mereka terkena gigitan tungau sampai mereka mengalami gejala-gejalanya.

Dilansir dari Healthline, saat pertama kali tungau menggigit, hal tersebut tak langsung dapat dirasakan oleh seseorang, namun lambat laun, gigitan tungau bisa menyebabkan beberapa gejala serius seperti berikut.

- Kulit memerah seperti ruam.
- Benjolan kecil yang bisa menjadi keras atau meradang.
- Iritasi, gatal, dan nyeri di dekat area gigitan.
- Kulit bengkak atau melepuh di dekat area gigitan.

Gigitan tungau tentu saja mengganggu, namun Anda tak perlu ke dokter apabila mengalaminya. Kecuali jika jika digigit oleh tungau skabies, yaitu salah satu jenis tungau yang menggunakan kulit manusia untuk bertelur. Gejala ini juga disebut dengan kudis.

Saat tungau skabies menggali dalam kulit Anda untuk bertelur, memang pada beberapa minggu awal tak terjadi gejala apa-apa, namun setelah itu akan muncul benjolan dan melepuh seperti ruam di sepanjang lipatan kulit seperti di antara jari-jari, lekukan lutut dan siku, sekitar pinggang, bagian bawah kaki, dan lipatan-lipatan kulit lainnya.

Saat mengalami gejala tersebut, Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter guna mendapatkan perawatan. Namun jika rasa gatal dan nyeri tidak muncul pada area lipatan kulit, Anda bisa menyembuhkannya sendiri dengan cara mandi menggunakan sabun secara bersih dan menyeluruh.

Selain itu, Anda juga perlu mencuci semua pakaian dan kasur tempat tidur yang terkena tungau dengan air sabun. Namun bila Anda ingin praktis dalam membersihkan tungau pada kasur, Anda bisa menggunakan jasa sedot tungau yang telah banyak tersedia saat ini, seperti pada layanan sedot tungau Grab Clean & Fix.

Layanan sedot tungau Grab Clean & Fix sangat mudah digunakan. Cukup pesan melalui smartphone, kasur tempat tidur Anda akan dibersihkan dari tungau secara menyeluruh.



Simak Video "Mencontoh Singapura yang Sigap Pandemi Sejak Epidemi SARS"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)