Selasa, 04 Agu 2020 18:04 WIB

Vitamin Pelancar ASI dan Manfaat Lainnya untuk Ibu Menyusui

Lusiana Mustinda - detikHealth
Vitamin Vitamin untuk pelancar ASI. Foto: shutterstock
Jakarta -

Ibu menyusui perlu mendapat asupan vitamin pelancar ASI setiap hari. Terutama vitamin yang bisa diperoleh dari makanan atau bahan alami seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.


Vitamin C, vitamin D, vitamin B5 hingga B3 berperan penting dalam memperbanyak volume ASI. Selain itu, kacang-kacangan dan herba alami juga dikatakan dapat memperlancar ASI. Asupan vitamin yang dikonsumsi Bunda yang sedang menyusui juga sangat berperan penting dalam perkembangan organ hingga otak anak.

Mengonsumsi cukup vitamin akan membuat kualitas ASI optimal sehingga asupan makanan yang dikonsumsi si kecil pun juga akan sangat baik.

Berikut beberapa vitamin pelancar ASI yang bagus dan bisa dikonsumsi setiap hari:

1. Vitamin C


Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang diperlukan tidak hanya untuk ibu menyusui tetapi juga ibu hamil. Asupan vitamin yang dikonsumsi saat menyusui dibutuhkan sekitar 120 mg. Vitamin C alami bisa didapatkan dari buah dan sayur seperti jeruk, brokoli, pepaya, lemon, tomat hingga jambu biji.

Mengonsumsi vitamin C dengan cukup bisa membantu Bunda menjaga stamina tubuh selama menyusui.

2. Vitamin B6 Kompleks


Vitamin B6 kompleks menjadi salah satu vitamin pelancar asi untuk ibu hamil dan menyusui. Vitamin B kompleks adalah multivitamin yang datang dengan semua jenisnya. Vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan B12.

Jika tubuh Bunda kekurangan salah satu dari vitamin B kompleks maka produksi ASI berisiko untuk turun. Sedangkan bayi yang tidak mendapatkan cukup vitamin B12 atau vitamin B dan asam folat akan berisiko tinggi mengalami defisiensi neurologis.

Salah satu vitamin yang berguna untuk membentuk sel tubuh adalah vitamin B6. Tidur merupakan komponen penting dari pertumbuhan bayi karena sebagian besar proses perbaikan tubuh dan pembentukan sel terjadi saat tubuh kita sedang tidur dengan nyenyak. Vitamin B6 membantu mengatur siklus tidur dengan mengecilkan produksi hormon melatonin.

Vitamin B6 juga berperan dalam perkembangan saraf karena mengandung piridoksin yang membawa perkembangan otak dan sumsum tulang belakang yang ditingkatkan. Dengan tubuh Bunda yang cukup vitamin B6 tentu produksi ASI akan semakin optimal.

Secara alami, vitamin B5 terdapat dalam ubi jalar, keju serta biji bunga matahari, sedangkan vitamin B3 ada pada daging ayam, minyak wijen, kacang tanah, susu serta telur. Dan vitamin B2 ada pada nasi merah, almond, bayam, brokoli dan jamur. Vitamin B12 terdapat dalam produk hewani seperti daging, ikan serta telur. Vitamin B1 ada di beras merah, kedelai, telur, kacang polong hingga kacang hijau.

Baby bottle with milk and manual breast pump. A lot of full bottles with breast milk on the background. Mother's milk - the most healthy food for newbornVitamin pelancar ASI. Foto: iStock

3. Vitamin D


Vitamin D3 diproduksi di dalam tubuh dengan bantuan sinar matahari. Vitamin D bermanfaat untuk kekuatan tulang dan juga membantu melawan infeksi serta mencegah autoimunitas yang dapat memicu penyakit tertentu. Meskipun tubuh manusia dapat memproduksi vitamin D dengan sendirinya dan otomatis terdapat dalam ASI namun jika kira-kira vitamin D tidak tercukupi, Bunda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D.

5 Minuman Mengandung Vitamin C5 Minuman Mengandung Vitamin C Foto: iStock

4. Asam Folat


Asam folat juga dikenal dengan vitamin B9. Tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai vitamin pelancar ASI (https://www.detik.com/tag/air-susu-ibu) , asam folat juga perlu dikonsumsi saat sebelum dan saat kehamilan. Vitamin ini bisa membantu mendukung pengembangan sel darah merah dan menunjang penyerapan zat besi untuk tubuh.

Asam folat juga berperan penting dalam perkembangan otak bayi dan memaksimalkan kemampuan untuk memahami dan memroses informasi pada tahap awal.

Berikut ini dosis dan jumlah asupan vitamin pelancar ASI yang disarankan:

- Vitamin B6: 3 mg. Sumber: sereal, ikan, plum, pisang dan wortel.
- Vitamin B5: 9 mg. Sumber: kacang-kacangan, kembang kol, biji bunga matahari, keju dan ubi jalar.
- Vitamin B3: 18 mg. Sumber: ayam, biji wijen, kacang tanah, susu dan telur.
- Vitamin B2: 2 mg. Sumber: nasi merah, almond, bayam, brokoli dan jamur.
- Vitamin B12: 3 mg. Sumber: daging, ikan, telur dan sumber hewani lainnya.
- Vitamin B1: 1,5 mg. Sumber: nasi merah, kedelai, telur, kacang polong, kacang hijau dan minyak biji-bijian.
- Vitamin D: 16 mcg. Sumber: ikan kaya lemak, telur, roti dan suplemen vitamin D.

Itulah ragam vitamin pelancar ASI yang baik dikonsumsi untuk Bunda yang sedang menyusui. Selamat mencoba!



Simak Video "Cerita Neesa Karunia, Ibu Hamil yang Berjuang di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)