Rabu, 05 Agu 2020 07:38 WIB

7 Kesalahan Sebelum Tidur yang Bikin Tubuh Tak Bugar Pagi Ini

Elsa Himawan - detikHealth
Young woman sleeping in bed. Space for copy. Bangun tidur tidak terasa segar berarti ada yang salah (Foto: iStock)
Jakarta -

Tidur merupakan salah satu cara terpenting untuk mengisi energi di dalam tubuh yang sudah terkuras selama seharian. Namun, seringkali orang-orang melakukan kegiatan yang salah dan tidak disadari sebelum tidur, sehingga membuat mereka mengalami kesulitan tidur.

Michael Grandner, PhD, seorang instruktur psikiatri dan anggota Behavioral Sleep Medicine Programme di University of Pennsylvania, mengatakan bahwa ketika seseorang mengalami insomnia atau masalah tidur lainnya, kemungkinan bisa disebabkan karena kesalahan kegiatan yang dilakukannya sebelum tidur.

Berikut 7 kesalahan yang seharusnya tidak kamu lakukan sebelum tidur, yang dikutip dari laman Health:

1. Merokok

Banyak orang menganggap bahwa merokok pada malam hari adalah bagian terbaik untuk bersantai. Akan tetapi di dalam rokok terkandung nikotin yang dapat membuat insomnia, terutama untuk kamu yang melakukannya sebelum tidur. Nikotin juga memicu seseorang untuk bangun lebih awal dari biasanya di pagi hari.

2. Minum terlalu banyak air

Menjaga tubuh untuk terhindar dari dehidrasi memanglah penting. Akan tetapi minum terlalu banyak air pada malam hari, bisa membuatmu ingin buang air kecil terus-terusan. Akibatnya, waktu tidurmu menjadi terganggu. Solusinya, kamu bisa menyediakan segelas air di dalam kamar, sehingga ketika kamu merasa kehausan, minumlah secukupnya saja.

3. Minum kopi atau teh

Seperti yang kita ketahui, kopi dan teh memiliki kandungan kafein di dalamnya yang membuat kamu menjadi kesulitan tidur. Memang, kadar kafein yang dihasilkan teh tidak sebesar kopi. Akan tetapi sebagian besar kafein dari teh dilepaskan sejak awal proses penyeduhan. Jika kamu tetap ingin menikmati teh sebelum tidur, carilah teh herbal yang bebas kafein.

4. Konsumsi cokelat

Sumber kafein selain dari kopi dan teh, rupanya terdapat pada cokelat juga (terutama cokelat hitam). Cokelat mengandung stimulan theobromine yang terbukti dapat meningkatkan detak jantung dan sulit tidur.

Selanjutnya
Halaman
1 2