Rabu, 05 Agu 2020 09:34 WIB

Gubernur Osaka Klaim Obat Kumur Povidone Iodine Ampuh Cegah Penularan Corona

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Woman gargling with mouthwash Ilustrasi kumur tenggorokan. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Gubernur Osaka, Jepang, Hirofumi Yoshimura menyebut obat kumur dengan kandungan povidone-iodine efektif dalam mencegah penyebaran virus Corona COVID-19.

Dikutip dari SoraNews24, dalam konferensi pers yang digelar pada Selasa (4/8/2020), Yoshimura menjelaskan keampuhan obat kumur tersebut sudah dibuktikan dalam sebuah studi. Menurutnya, hasil uji coba terbatas yang dilakukan pada 40 pasien Corona dengan gejala ringan atau tanpa gejala telah menunjukkan adanya penurunan tingkat virus dalam air liur mereka.

Studi ini pun dilakukan selama periode Juni-Juli. Yoshimura menuturkan, dalam studi tersebut pasien diminta untuk berkumur menggunakan obat kumur sebanyak empat kali dalam sehari.

Tak hanya itu, ia juga berencana untuk melakukan penelitian yang lebih besar, yakni terhadap 1.000 pasien Corona dengan gejala ringan atau tanpa gejala untuk memverifikasi keampuhan obat kumur povidone-iodine.

"Jika orang-orang berkumur dengan obat kumur jenis ini, mungkin jumlah orang yang positif virus Corona juga akan berkurang," kata Yoshimura.

"Saya tidak mengatakan itu dapat menyembuhkan pasien Corona, tetapi saya berharap itu dapat membantu mencegah penyebaran infeksi di tempat-tempat di mana kasus-kasus meningkat," jelasnya.

Menurut laporan SoraNews24, setelah konferensi pers tersebut selesai, banyak dari pemilik toko menerapkan kebijakan 'satu botol per rumah tangga' untuk mencegah orang berbondong-bondong memborong obat kumur.



Simak Video "Kasus Corona Meningkat Tajam, Wilayah Osaka Lockdown"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)