Kamis, 06 Agu 2020 16:18 WIB

Incest Jadi Trending Gara-gara The Connell Twins, Hubungan Apa Sih Itu?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
The Connell twins The Connell Twins. (Foto: dok. Instagram)
Jakarta -

Youtuber The Connell Twins, Carly dan Christy Connell jadi perbincangan di media sosial setelah muncul video mereka yang membicarakan seputar incest. Hanya saja yang jadi sorotan, adalah cara bicaranya yang dinilai salah, yang harusnya incest menjadi insect.

Dalam video yang viral, awalnya Carly berbicara mengenai aktivitas seksual incest. "Lo bayangi ngelakuin itu sama saudara lo sendiri," ucapnya. "Itu insect anjir," timpal Christy.

Apa sih sebenarnya incest itu?

Menurut penjelasan dari Rape, Abuse & Incest National Network, incest adalah aktivitas seksual yang melibatkan anggota keluarga atau kerabat dekat. Biasanya melibatkan hubungan yang memiliki ikatan darah dan terkait dengan afinitas, misalnya pernikahan, adopsi, atau garis keturunan.

Incest atau inses hingga kini dianggap sebagai perilaku yang tabu, bahkan sebagian besar negara memiliki undang-undang tentang inses atau pembatasan sosial pada pernikahan dengan kerabat dekat.

Selain norma, ada alasan lain mengapa hubungan inses disebut memiliki risiko tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan berhubungan dengan kerabat dekat meningkatkan risiko keturunan lahir cacat.

Selain itu, orang dewasa yang lahir dari hubungan dengan kerabat dekat atau inses seringkali mengidap kondisi psikologis seperti kesulitan dalam menjalin relasi sosial, rendah diri, gangguan mental, depresi, gangguan stres pasca-trauma dan kepribadian ambang.

Efek lain dari hubungan sedarah adalah peningkatan risiko kemandulan. Sebuah studi juga menemukan bahwa 40 persen anak-anak yang orang tuanya adalah kerabat tingkat pertama (orang tua, anak, atau saudara kandung), lahir dengan gangguan resesif autosomal, kelainan fisik bawaan, atau defisit intelektual yang parah.

Menurut penelitian yang dilakukan pada anak-anak di Cekoslavia yang berasal dari hubungan incest, sebanyak 42 persen dari mereka mengalami cacat lahir serius atau kematian dan 11 persen mengidap gangguan mental atau defisit intelektual.



Simak Video "Mengapa Rantai Narkotika Tidak Pernah Usai?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)