Jumat, 07 Agu 2020 06:40 WIB

Normalnya, Berapa Kali Kita Kentut dalam Sehari?

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Woman pinches nose with fingers looks with disgust away something stinks bad smell isolated on gray background. Normalnya berapa kali kentut dalam sehari? (Foto: Getty Images/iStockphoto/SIphotography)
Jakarta -

Kentut, meski agak malu-maluin, faktanya adalah hal yang manusiawi. Semua orang memproduksi gas dalam pencernaan dan harus dikeluarkan pada waktunya.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi banyak sedikitnya produksi gas pencernaan. Mulai dari makanan hingga sistem metabolisme.

Kyle Staller, M.D., ahli gastroenterologi di rumah sakit umum Massachusettes, dikutip dari Womenshealth mengatakan bahwa rata-rata orang memiliki 0,5 hingga 1,5 liter gas per hari yang ada di dalam pencernaan. Namun, pada umumnya gas yang dikeluarkan setiap orang berbeda-beda.

Ada anggapan bahwa laki-laki cenderung lebih banyak mengeluarkan kentut daripada perempuan. Tetapi tidak ada bukti ilmiah bahwa produksi kentut dipengaruhi oleh gender. Yang pasti, baik wanita maupun pria kentut umumnya kentut sebanyak 20 kali dalam sehari.

Bagaimana jika tidak sampai 20 kali kentut dalam sehari? Jangan khawatir, faktanya adalah tidak semua gas dikeluarkan saat Anda bangun tidur, tetapi selama tidur juga ada gas yang keluar dengan otomatis.

Purna Kashyap, ahli gastroenterologi, mengatakan bahwa banyaknya kentut tergantung dari makanan yang dikonsumsi, sehingga sangat normal jika Anda mengeluarkan kentut dalam jumlah yang banyak.

"Ada banyak karbohidrat yang kita konsumsi terutama terdapat dalam sayuran, biji-bijian, dan buah. Tubuh kita tidak memiliki enzim yang diperlukan untuk mencerna. Ini berakhir di usus besar, tempat mikroba mengunyahnya dan menggunakannya untuk energi, melalui proses fermentasi. Sebagai produk sampingan, mereka menghasilkan gas," ucap Kashyap, dikutip dari Vox.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)