Jumat, 07 Agu 2020 08:00 WIB

Tips Cegah Jerawat Akibat Keseringan Pakai Masker

Elsa Himawan - detikHealth
Portrait of young woman putting on a protective mask for coronavirus isolation Tips pakai masker agar tak jerawatan (Foto: iStock)
Jakarta -

Masker wajib dipakai saat beraktivitas di tempat umum untuk mencegah penularan virus Corona. Namun, dampak negatif dari memakai masker seringkali dirasakan oleh kebanyakan orang, yaitu timbulnya jerawat pada kulit wajah.

Nazanin Saedi, direktur Jefferson Laser Surgery dan Cosmetic Dermatology Center, mengatakan gesekan kain masker dan wajah dapat memberikan peluang lebih besar untuk timbulnya jerawat pada kulit. Hal ini disebabkan karena kulit wajah tak bisa bernapas karena ditutupi oleh kelembapan yang dihasilkan oleh masker.

Pernyataan tersebut bukan untuk membuatmu enggan menggunakan masker lho. Masker harus tetap dipakai untuk menuruti protokol kesehatan yang ada.

Dikutip dari Health.com, berikut tips yang bisa kamu lakukan agar wajah tidak berjerawat akibat menggunakan masker:

1. Tidak menggunakan makeup

Permasalahannya adalah wajahmu kemungkinan tidak terbiasa mengenakan masker terlalu lama, sehingga membuat penumpukan minyak di daerah tersebut. Dengan tidak menggunakan makeup maka membuat kulitmu lebih bisa bernapas.

2. Jangan terlalu sering mencuci muka

Apabila kulitmu sudah timbul jerawat akibat pemakaian masker, mencuci muka bukanlah solusi yang efektif. Sabun wajah dapat menghilangkan minyak alami dari kulitmu, sehingga membuatnya lebih teriritasi. Cuci muka sewajarnya saja, misalkan saat mandi atau malam hari, setelah seharian beraktivitas.

3. Gunakan masker kain

Masker kain memiliki bahan yang lebih halus, sehingga mengurangi peluang gesekan yang berlebih antara kulit muka dengan kain tersebut. Ingat! Gesekan berlebih dapat membuat tekstur kulitmu menjadi lebih kasar.



Simak Video "Masker Katup Tak Mampu Tangkal Penularan Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)