Sabtu, 08 Agu 2020 20:45 WIB

4 Gangguan Kesehatan yang Bisa Bikin Kamu Mimpi Buruk

Elsa Himawan - detikHealth
Scared woman hiding under blanket. Afraid of the dark. Unable to sleep after nightmare or bad dream. Awake in the middle of the night in bedroom at home.  Monster under the bed or in closet. Empat gangguan kesehatan yang bisa bikin kamu mimpi buruk. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Mimpi buruk pada umumnya pernah dialami oleh setiap orang. Mimpi buruk sendiri terjadi karena beberapa faktor, seperti stres, kebiasaan menonton horor, dan adanya penyakit tertentu.

Mimpi buruk memanglah hal wajar yang dirasakan setiap orang. Namun, jika kamu sering mengalami mimpi buruk, kemungkinan ada gangguan kesehatan yang diidap oleh tubuhmu. Berikut 4 gangguan kesehatan yang menyebabkan mimpi buruk, dikutip dari Health Site:

1. Adanya penyakit jantung

Sebuah studi tahun 2003 menunjukkan bahwa mimpi buruk secara umum terjadi pada pasien dengan detak jantung yang tidak teratur. Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa nyeri dada dan detak jantung tidak teratur lebih banyak terjadi pada wanita berusia 40 hingga 64 tahun.

2. Penyakit parkinson

Penyakit parkinson merupakan gangguan saraf yang mempengaruhi gerakan seseorang. Orang yang mengalami mimpi buruk dan bereaksi dengan berteriak, menendang, atau menangis saat tidur, berisiko terkena penyakit tersebut. Hal itu disebabkan karena indikasi adanya lesi di bagian otak, yang biasanya menyebabkan gangguan saat tidur.

3. Stres pasca trauma

Mimpi buruk juga bisa disebabkan karena adanya trauma atas pengalaman yang dialami seseorang. Bagi pengidap yang mengalami stres pasca trauma, disarankan untuk berkonsultasi pada dokter agar dapat diberikan terapi yang tepat.

4. Sleep apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang membuat pernapasan seseorang menjadi terhenti atau terganggu. Di mana memengaruhi asupan oksigen selama tidur. Saluran udara yang tersumbat biasanya membuat para pengidap sleep apnea seringkali mengalami mimpi tenggelam atau tercekik.



Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)