Minggu, 09 Agu 2020 16:07 WIB

Terpopuler Sepekan: Curhat Dokter Wisma Atlet Tangani Pasien Corona

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Persiapan tenaga medis di RS darurat Wisma Atlet, Jakarta. Para tenaga medis di Wisma Atlet. (Foto: Tangkapan layar Twitter)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu sempat viral sebuah video yang menunjukkan aktivitas para tenaga medis di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta, saat bersiap hendak bertugas menangani pasien virus Corona COVID-19.

Video ini dibuat oleh Ayuni Rianty, dokter umum di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet. Ayuni mengatakan, sebelum bertugas para tenaga medis wajib menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap dan saling mengecek apakah APD yang dikenakan sudah tertutup rapat atau belum.

"(Selama) 15-20 menit pakai APD. Setelah itu ada tim yang membantu lakban," kata Ayuni saat dihubungi detikcom, Senin (3/8/2020).


Selain itu, Ayuni juga menceritakan bahwa ia harus menggunakan popok selama bertugas. Sebab, para tenaga medis tidak diperkenankan untuk membuka APD selama bertugas, yakni 8-9 jam per hari.

Hal ini membuat Ayuni dan tenaga medis lainnya tidak bisa makan, minum, dan buang air kecil atau besar saat bertugas. "Haus dan lapar masih bisa ditahan, tapi kalau buang air kecil walaupun sudah pakai diapers (popok) nggak bisa keluar. Rasanya nggak enak banget," jelasnya.

Meski begitu, Ayuni mengaku merasa bahagia bisa bertugas mengobati pasien. Terlebih ketika melihat raut wajah mereka ketika dinyatakan sembuh dari virus Corona.

"Pernah ada pasien yang teriak 'yes' kencang banget di lorong bangsal, ada juga yang sujud syukur di lantai. Pokoknya bahagia banget," ucapnya.

Namun, di sisi lain Ayuni merasa kecewa melihat kenyataan masih ada masyarakat yang menyepelekan COVID-19, sementara banyak orang yang harus kehilangan nyawanya akibat penyakit ini.

"Hati saya hancur, di sini saya dan rekan-rekan sejawat bertarung nyawa. Tidak sedikit nakes yang gugur dalam menjalankan tugas," pungkasnya.



Simak Video "Jumlah Pasien di Wisma Atlet Menurun, Ini Faktor Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)