Senin, 10 Agu 2020 08:30 WIB

6 Siswa di Georgia Terinfeksi Virus Corona Setelah Sekolah Dibuka

Ayunda Septiani - detikHealth
Lecture room or School empty classroom with Student taking exams, writing examination for studying lessons in high school thailand, interior of secondary education, whiteboard. educational concept Siswa di Georgia terinfeksi virus Corona setelah sekolah dibuka. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Sembilan orang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona pada pekan lalu setelah salah satu sekolah di Georgia, Amerika Serikat, dibuka dan menjadi viral karena foto lorong di sekolah yang penuh dan sesak.

Dikutip dari laman ABC News, enam siswa dan tiga anggota staf yang berada di sekolah pun dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Kasus positif ini dilaporkan ke sekolah setelah dilakukan tes secara privasi oleh para orang tua murid. Temuan ini juga pertama kali dilakukan oleh orang tua kepada media melalui surat yang dikirim.

"Kami telah mengantisipasi bahwa COVID-19 akan berdampak pada kami, dan sekolah sudah bekerja sama dengan Departemen Kesehatan Masyarakat (DPH) secara proaktif menerapkan tindakan pencegahan dan rencana respons keselamatan," bunyi surat para orang tua kepada media.

Tidak disebutkan apakah ada yang akan dikarantina atau sekolah akan ditutup sepenuhnya atau hanya sementara saja, tetapi petugas kebersihan akan melanjutkan prosedur untuk mendesinfektan setiap hari.

Foto viral tersebut menunjukkan para siswa berdesakkan di North Paulding High School di Dallas, Georgia, Amerika Serikat. Beberapa murid terlihat mengenakan masker, tapi mereka terlihat tidak menjaga jarak.

Foto tersebut pun memicu kemarahan dari orang tua dan masyarakat, dan bagi siswa yang membagikan foto tersebut di media sosial akan diberikan sanksi.

Hanna Watters (15), diskors karena ia telah membagikan foto yang menjadi tersebut. Dan sekolah pun mengumumkan bagi mereka yang melakukan hal yang sama akan diberikan hukuman. Namun pada hari Jumat (7/8/2020) hukuman untuk Hanna dicabut, dan begitu pula terhadap siswa lainnya.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Menteri Pendidikan Betsy DeVos telah mendorong agar sekolah dibuka kembali untuk pembelajaran tatap muka jika memungkinkan.



Simak Video "Dear Warga Indonesia, Yuk Lakukan 3W Agar Terhindar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)