Senin, 10 Agu 2020 18:07 WIB

5 Kabupaten Kota Ini Laporkan Kematian COVID-19 Terbanyak di Jawa Barat

Elsa Himawan - detikHealth
Ilustrasi pasien di rumah sakit Depok melaporkan kasus kematian pasien Corona tertinggi di Jawa Barat. (Foto: iStock)
Jakarta -

Dewi Nur Aisyah, PhD, selaku anggota Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, menilai bahwa angka kematian akibat COVID-19 di Jawa Barat terbilang cukup kecil. Salah satu alasannya karena penanganan rumah sakit terhadap pasien Corona yang diklaim baik.

"Angka kematian di daerah Jawa Barat terbilang cukup kecil. Jika dilihat dari seluruh jumlah kasus positif di Jawa Barat, angka persentase kematiannya hanya sekitar 3,01 persen di bawah nasional dan rata-rata dunia," jelas Dewi melalui siaran pers di kanal YouTube BNPB pada Senin (10/8/2020).

Dikutip dari data yang diperoleh oleh Satgas COVID-19 per Minggu (9/8/2020), 5 wilayah di Jawa Barat yang memiliki angka kematian tertinggi akibat COVID-19 yakni:

1. Kota Depok

Jumlah kematian kumulatif sebanyak 47 kasus.

2. Kota Bandung

Jumlah kematian kumulatif sebanyak 46 kasus.

3. Kota Bogor

Jumlah kematian kumulatif sebanyak 19 kasus.

4. Kota Bekasi

jumlah kematian kumulatif sebanyak 29 kasus.

5. Bekasi

Jumlah kematian kumulatif sebanyak 31 kasus.

Dewi menjelaskan bahwa masih terdapat lima kabupaten/kota di Jawa Barat yang tidak memiliki angka kematian, yaitu Sukabumi, kota Sukabumi, Ciamis, Sumedang, dan Pangandaran. Oleh sebab itu, wilayah Jawa Barat masih berada di peringkat 100 hingga 300 dalam jumlah angka kematian COVID-19 di Indonesia.



Simak Video "Tips Jaga Imunitas Tubuh Agar Tetap Kuat saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)