Selasa, 11 Agu 2020 13:15 WIB

Soal Uji Klinis Vaksin Sinovac, Jokowi: Insyaallah Selesai 6 Bulan

Yudha Maulana - detikHealth
Presiden Joko Widodo mengunjungi pasar pelayanan publik di Banyuwangi, Jatim. Ia tampak mengenakan face shield hingga masker saat blusukan di Banyuwangi. Presiden Jokowi (Foto: Istimewa/Dok. Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)
Bandung -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung pelaksanaan penyuntikan perdana calon vaksin COVID-19 di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Selasa (11/8/2020). Dalam sambutannya, Jokowi berharap uji klinis ini bisa selesai dalam enam bulan.

"Hari ini saya hadir di Fakultas Kedokteran Unpad di Bandung, Jabar ini dalam rangka melihat secara langsung pelaksanaan penyuntikan yang perdana untuk imunisasi, untuk 1.620 relawan yang akan diujicobakan dan kita berharap uji klinis yang ketiga ini nantinya insyaallah bisa diselesaikan dalam 6 bulan ini," ujar Jokowi.

Ia harapkan, uji klinis ini berhasil dan sehingga calon vaksin Corona ini bisa segera diproduksi Biofarma pada Januari mendatang.

"Dan sekaligus juga kalau produksinya siap bisa langsung diberikan vaksinasinya kepada seluruh masyarakat di Tanah Air, produksi untuk vaksin juga dilakukan sendiri, oleh Bio Farma yang kita tahu di Agustus ini bisa memproduksi sekitar 100 juta vaksin, tapi di akhir tahun 2020 di bulan Desember bisa mencapai 250 juta vaksin, artinya vaksin ini nantinya yang akan digunakan untuk vaksinasi di Tanah Air," katanya.

Di samping itu, ia juga melaporkan vaksin Merah Putih buatan Indonesia yang tengah dikembangkan Lembaga Eijkman dalam tiga bulan terakhir.

"Kita telah 3 bulan ini mengembankan vaksin sendiri dari isolate yang dikembangkan dari COVID-19 yang beredar di Indonesia harapannya Vaksin Merah Putih akan segera selesai dan diperkirakan ini akan diselesaikan nanti di pertengahan tahun 2021," ucapnya.



Simak Video "Uji Vaksin Corona Sinovac: 90% Lebih Hasilkan Antibodi "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)