Selasa, 11 Agu 2020 14:40 WIB

Berwisata di Tengah Pandemi Corona? Begini Protokol yang Harus Diterapkan

Ayunda Septiani - detikHealth
Young woman in a protective mask lies on green grass. New normal walk in City park during coronavirus pandemic. Bersantai di era new normal (Foto: Getty Images/iStockphoto/colnihko)
Jakarta -

Sejumlah tempat wisata di Indonesia satu per satu mulai dibuka atau uji coba terbatas selama pandemi virus Corona COVID-19. Meski sudah dibuka, pengunjung tetap harus mematuhi beberapa protokol yang telah ditentukan.

Di tempat wisata ada sejumlah protokol yang harus kamu patuhi sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 Tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

1. Pastikan kamu dalam kondisi sehat sebelum melakukan kunjungan ke lokasi daya tarik wisata. Jika kamu mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, atau sesak napas tetap di rumah dan periksakan diri kamu ke fasilitas pelayanan kesehatan apabila berlanjut.

2. Jangan lepas masker selama berada di lokasi daya tarik wisata.

3. Selalu jaga kebersihan tangan kamu dengan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

4. Jangan menyentuh area wajah seperti mata, hidung, dan mulut.

5. Selalu menerapkan jaga jarak minimal 1 meter.

6. Setiba di rumah, segera mandi dan berganti pakaian sebelum kontak dengan anggota keluarga di rumah.

7. Bersihkan handphone kamu, kacamata, tas, dan barang lainnya dengan cairan disinfektan

Protokol kesehatan bagi pekerja tempat wisata.

1. Pastikan diri dalam kondisi sehat sebelum berangkat bekerja di lokasi daya tarik wisata. Jika pekerja mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, atau sesak nafas tetap di rumah dan periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan. Apabila berlanjut, dan laporkan pada pimpinan tempat kerja.

2. Saat di perjalanan dan selama jam kerja selalu menggunakan masker, menjaga jarak minimal 1 meter. Hindari menyentuh area wajah, jika terpaksa akan menyentuh area wajah pastikan tangan bersih dengan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

3. Semua pekerja (pedagang, petugas keamanan, tukang parkir dan lain lain) harus selalu berpartisipasi aktif mengingatkan pengunjung untuk menggunakan masker dan menjaga jarak minimal 1 meter.

4. Setiba di rumah, segera mandi dan berganti pakaian sebelum kontak dengan anggota keluarga di rumah, serta membersihkan handphone, kacamata, tas, dan barang lainnya dengan cairan disinfektan.

5. Jaga daya tahan daya tahan tubuh dengan menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) seperti mengkonsumsi gizi seimbang, aktivitas fisik minimal 30 menit sehari dan istirahat yang cukup dengan tidur minimal 7 jam, serta menghindari faktor risiko penyakit.



Simak Video "Bersepeda Wajib Gunakan Masker tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)