Selasa, 11 Agu 2020 16:17 WIB

Jumlah Kasus Corona di Filipina Lampaui Indonesia, Apa yang Beda?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Warga Filipina biasakan diri kenakan masker hingga sarung tangan saat beraktivitas di luar rumah. Masker hingga jas hujan itu dikenakan untuk cegah Corona. Kasus Corona di Filipina lampaui Indonesia. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Kasus Filipina pada Senin (10/8/2020) mencatat peningkatan kasus harian tertinggi. Kasus virus Corona melonjak di Filipina usai lockdown dicabut pada Juni.

Dikutip dari Channel News Asia, Filipina mencatat 6.958 kasus baru sehingga total kasus menjadi 136.638, tertinggi di Asia Tenggara. Otoritas Kesehatan Filipina juga melaporkan 24 kematian menjadikan jumlah kematian akibat virus corona di negara itu menjadi 2.293 jiwa.

Filipina memiliki jumlah kasus terkonfirmasi tertinggi di Asia Tenggara, disusul Indonesia dengan total kasus Corona sebanyak 127.083 per 10 Agustus.

Juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito menjelaskan kasus Filipina melampaui Indonesia karena berhasil meningkatkan testing. Indonesia pun segera memaksimalkan testing Corona lebih agresif.

"Perlu kami sampaikan bahwa semua negara saat ini sedang berlomba untuk meningkatkan tesnya dan ternyata Filipina berhasil untuk meningkatkan tesnya. Selamat untuk Filipina, Indonesia tentunya tidak akan kalah untuk meningkatkan itu dan sedang bekerja keras," jelas Wiku dalam siaran pers melalui kanal YouTube Setpres Selasa (11/8/2020).

"Diharapkan untuk meningkatkan testing, maka tentunya kasusnya akan bertambah banyak namun yang paling penting adalah positivity rate atau tingkat positifnya," lanjutnya.

Wiku menilai saat ini Indonesia fokus pada kasus Corona bergejala. Tetapi, kasus asimptomatik tetap diperhatikan agar bisa melakukan isolasi mandiri.

"Perlu kami sampaikan saat ini kami fokus pada kasus simptomatik dan bergejala, kita juga melakukan peningkatan testing sehingga kasus-kasus asimptomatik bisa teridentifikasi dan segera diisolasi," pungkasnya.



Simak Video "7 Wilayah RI Ini Catat Kasus Aktif COVID-19 di Atas Seribu"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)