Jumat, 14 Agu 2020 09:25 WIB

Hits di Drama Korea, Psikolog Bagikan Tips Butterfly Hug

Elsa Himawan - detikHealth
Drama Korea Teknik butterfly hug. (Foto: TVN)
Jakarta -

Drama korea 'It's Okay to Not be Okay' yang diperankan Kim Soo Hyun dan Seo Yu Ji tengah booming. Salah satu hal yang menjadi sorotan dari drama tersebut adalah teknik 'butterfly hug'.

Teknik pelukan yang menenangkan ini muncul di episode kedua, ketika Moon Gang Tae (Kim Soo Hyun) mengajarkan metode ini kepada Ko Moon Young (Seo Ye Ji) yang saat itu sedang marah. Tujuan Moon Gang Tae sendiri ingin membuat Ko Moon Young menjadi lebih tenang dalam menghadapi emosinya.

Ternyata, teknik butterfly hug ini bukan rekaan. Menurut Veronica Adesla, psikolog klinis dari Personal Growth, metode 'butterfly hug' memang sudah ada sejak lama. Teknik ini digunakan untuk menenangkan trauma dan kecemasan dari para korban bencana badai Pauline di Meksiko.

Seiring perkembangannya, metode ini digunakan para psikolog klinis untuk menenangkan setiap orang saat emosi, seperti amarah, cemas, dan traumatik yang berlebihan.

Berikut teknik melakukan 'butterfly hug' menurut Veronica Adesla:

1. Silangkan kedua tangan

Posisi kedua tangan berada di depan dada sambil menyilang. Atur juga posisi jempol agar berada di atas tulang bagian pundak.

2. Tepuk pundak

Tepuk pundak dengan kedua tangan secara pelan sambil membayangkan hal yang membuatmu kesal. Dengan melakukan tapping atau tepukan, dapat memberikan rangsangan ketenangan dalam dirimu.

3. Atur pernapasan

Dalam posisi tetap menepuk pundak, tarik napas secara dalam, usahakan napas itu membuat perut mengembung, lalu keluarkan dengan pelan. Atur ritme masuk-keluarnya pernapasan secara konsisten sebanyak maksimum 8 kali selama satu menit.

4. Lakukan terus hingga perasaan dan pikiranmu membaik

Biasanya, durasi terbaik yang dibutuhkan untuk melakukan butterfly hug adalah 2-3 menit. Akan tetapi, Veronica tidak mematok target durasi tersebut. Ia menyarankan untuk melakukan butterfly hug hingga perasaan dan pikiranmu terasa baik.

"Kalau kamu sudah merasa better dan cukup saat melakukan butterfly hug, iya sudah boleh berhenti melakukannya," ujar Veronica saat dihubungi detikcom, Kamis (13/08/2020).

Tidak hanya itu, Veronica juga menyampaikan bahwa metode butterfly hug dapat ditambah dengan melakukan humming atau bersenandung. Bahkan bisa juga diiringi dengan lagu. Namun, hal ini hanya menjadi pilihan saja saat melakukan butterfly hug.



Simak Video "Cerita Pilu Wanita AS yang Kehilangan Ibu Gegara Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)