Sabtu, 15 Agu 2020 18:30 WIB

Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid, Tepat dan Mudah Dipraktikkan

Puti Yasmin - detikHealth
Young woman hiding behind a periods calendar and showing a positive pregnancy test Foto: istock/Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid, Tepat dan Mudah Dipraktikkan
Jakarta -

Menghitung masa subur wanita setelah haid dengan tepat dan akurat merupakan salah satu faktor kunci bagi pasangan yang mengidam-idamkan memiliki buah hati. Dengan kecocokan waktu masa subur dan berhubungan seks, maka peluang mendapatkan keturunan akan lebih besar. Sebab, di masa subur sel telur matang dan siap dibuahi oleh sperma.

Namun, menghitung masa subur wanita setelah datang bulan ini juga diperlukan untuk suami istri yang ingin menunda mempunyai anak. Maka pengetahuan akan hal tersebut sangat penting bagi pasangan suami istri.

Berikut cara menghitung masa subur wanita:

Ciri-ciri Masa Subur Wanita

Dikutip dari buku 'Metode Ovulasi Billings' tanda masa subur bisa diketahui dengan adanya lendir serupa putih telur mentah. Lendir tersebut licin dan seperti penang.

Lendir muncul akibat adanya peningkatan hormon estrogen yang memengaruhi leher rahim. Dengan adanya lendir, hal itu akan membantu pergerakan dan daya pemeliharaan sperma.

Namun, puncak kesuburan tidak berkaitan dengan banyak tidaknya lendir tetapi dari hari terakhir munculnya lendir tersebut. Rasa licin akibat lendir dan vulva yang membengkak menunjukkan masa subur wanita masih ada.

Future parents. Happy expecting couple hugging and smiling while standing near the window at home, free spaceMenghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Rumus Menghitung Masa Subur

Ada dua cara menghitung masa subur, yakni bagi wanita dengan siklus haid tidak teratur dan yang teratur. Dalam buku '30 Hari Bimbingan Positif Hamil' karya Lulu Nurjanah A.Md.Ke.,Akp.,C.Hrb cara tersebut dihitung dengan Kalender Ogino-Knaus.

Bagi siklus haid yang tidak teratur, cara menghitungnya sedikit rumit karena harus mempunyai data siklus haid minimal 6 bulan sebelumnya. Langkah pertama catat tanggal haid selama 6 sampai 12 bulan terakhir. Kemudian kurangi 18 hari dari siklus haid tersingkat untuk menentukan masa awal suburnya. Lalu, kurangi 18 hari dari siklus haid terpanjang untuk menentukan akhir masa subur.

Contohnya, jika hasil pencatatan tanggal haid siklus terpanjang adalah 31 hari dan terpendek 26 hari. Maka, 31-18 = 13 & 26-13 = 8 jadi, masa subur berlangsung dari hari ke-8 masa haid sampai hari ke-13 masa haid.

Kemudian, untuk siklus haid yang teratur, masa subur wanita dihitung 14 +/- 1 hari haid berikutnya. Artinya, siklus kesuburan akan berlangsung pada hari ke-13 masa haid sampai ke-15 masa haid sebelum haid yang akan datang.

Contohnya, jika hari terakhir haid 10, maka masa subur wanita adalah 23. Masa pra-subur awal tanggal 20 dan masa prasubur akhir tanggal 26.

Berapa Lama Masa Subur Wanita Berlangsung?

Setiap orang memiliki waktu masa subur yang berbeda-beda. Namun, masa subur wanita memiliki rentang waktu sekitar 5 hingga 7 hari.

Aplikasi Menghitung Masa Subur

Penggunaan aplikasi bisa memudahkan pasangan menghitung masa subur wanita. Dalam aplikasi, terdapat kalkulator masa subur wanita yang bisa menentukan waktu yang tepat berhubungan dengan pasangan.

Berikut daftar aplikasinya:

-Flo
-Clue
-Eve Tracker App
-Period Diary
-Cycles
-Ovia Fertility & Cycle Tracker
-Ovulation Calculator

Jangan lupa menghitung masa subur wanita ya!



Simak Video "Cerita Neesa Karunia, Ibu Hamil yang Berjuang di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)