Selasa, 18 Agu 2020 15:17 WIB

Fenomena Jenazah Hidup Lagi, Dokter: Sebetulnya Belum Meninggal

Defara Milenia Romadhona - detikHealth
Ilustrasi jenazah Fenomena jenazah hidup lagi (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Seorang gadis di Probolinggo dinyatakan meninggal akibat diabetes dan komplikasi. Saat jenazahnya hendak dimandikan, tak terduga tubuhnya menghangat dan jantungnya berdetak.

Fenomena ini dikaitkan dengan 'bangkit' dari mati atau dikenal sebagai lazarus syndrome. Menurut ahli bedah saraf dari Mayapada Hospital, dr Roslan Yusni Hasan, SpBS, dalam banyak kasus pasien sebenarnya belum benar-benar meninggal.

"Sebetulnya itu belum mati disangka mati aja," kata dr Ryu, demikian sapaan akrabnya, saat dihubungi detikcom.

Menurut dr Ryu, fenomena ini tidak beda dengan yang dikenal sebagai mati suri. Biasanya seseorang yang dianggap meninggal akan bermimpi, lalu hidup lagi. Sedangkan pada lazarus syndrome, mimpi semacam itu bisa hadir dan bisa juga tidak.

"Mati suri itu apa, mati suri itu sebetulnya belum mati tapi dikira mati sudah itu aja sih gampangnya," jelas dr Ryu.

"Kadang kadang orang itu kelihatannya mati tapi masih hidup sebetulnya tapi otak nya masih ada aktivitasnya buktinya apa, orangnya mimpi biasanya kan ada orang yang lazarus sindrom nggak mimpi apa-apa ya ada. Tapi kan biasanya yang diceritakan yang heboh itu ya yang woah dia mimpi ketemu siapalah ketemu sun go kong atau ketemu siapa lah ya mimpi itu artinya kalau dia mimpi berarti aktivitas otaknya ya masih ada," pungkasnya.

Simak video 'Heboh Gadis di Probolinggo Hidup Lagi Lalu Meninggal Kembali':

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)