Rabu, 19 Agu 2020 18:16 WIB

Anggota Konsil Kedokteran yang Baru Diprotes IDI, Apa Sih Fungsinya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Pelantikan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) 2019-2024 (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden) Foto: Pelantikan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) 2019-2024 (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Pelantikan anggota Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) yang baru oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuai protes. Berbagai organisasi profesi mulai dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) hingga Perhimpunan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) merasa tidak merekomendasikan 17 nama individu yang dilantik.

"Kami tadi bersama berembug dengan kawan-kawan karena kami melihat di Keputusan Presiden itu tidak ada nama-nama yang diusulkan oleh asosiasi seprofesi yang itu. Kami sudah usulkan ke Kemenkes sesuai UU Praktik Kedokteran dan peraturan presiden," kata Ketua Umum Pengurus Besar IDI, Daeng Mohammad Faqih, kepada wartawan, Selasa (18/8).

Selain IDI dan PDGI, organisasi lain yang turut menyuarakan protesnya adalah Asosiasi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Asosiasi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AFDOKGI), Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia (MKKI), Majelis Kolegium Kedokteran Gigi Indonesia (MKKGI), dan Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia (ARSPI).

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan anggota KKI periode 2019-2024 berbeda dari rekomendasi karena usulan yang diberikan sebelumnya tidak memenuhi persyaratan.

"Usulan dari masing-masing unsur tidak memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan seperti tidak membuat surat pernyataan melepaskan jabatan pada saat dilantik menjadi anggota KKI, mengundurkan diri dari PNS kalau yang diusulkan adalah sebagai PNS, dan satu orang diusulkan oleh dua unsur," kata Terawan dalam keterangan tertulis.

Memang apa sih fungsi dari KKI dan mengapa posisinya begitu penting?

KKI sendiri merupakan badan otonom non-struktural yang bertanggung jawab langsung ke presiden. Di dalamnya terdapat 17 orang individu yang mewakili berbagai organisasi kedokteran, tokoh masyarakat, hingga dinas kesehatan dan pendidikan.

Dikutip dari halaman resmi kki.go.id, fungsi KKI menurut Pasal 7 Undang-undang Praktik Kedokteran nomor 29 tahun 2004 adalah melakukan registrasi dokter dan dokter gigi. Selain itu KKI juga berperan dalam mengesahkan standar pendidikan profesi dokter dan dokter gigi serta melakukan pembinaan terhadap penyelenggaraan praktik kedokteran.



Simak Video "5 Pesan IDI untuk Terawan Terkait Vaksinasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)