Rabu, 19 Agu 2020 20:00 WIB

Hati-hati! 6 Kebiasaan Kecil Ini Dapat Merusak Gigi

Elsa Himawan - detikHealth
Child having a dental examination Kebiasan yang bisa merusak kesehatan gigi. (Foto ilustrasi: Istock)
Jakarta -

Sikat gigi saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan gigi. Upaya tersebut menjadi sia-sia jika kamu masih melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak gigi.

Sering kali, kamu mungkin tak acuh dengan berbagai kebiasaan yang dapat merusak gigi. Sampai akhirnya kamu mengalami sakit gigi dan baru merasakan dampaknya.

Untuk menghindari peristiwa tersebut, kamu perlu mengetahui 6 kebiasaan kecil yang dapat merusak gigi seperti dikutip dari WebMD berikut:

1. Mengunyah es batu

Mengunyah es batu dapat mengiritasi jaringan lunak di dalam gigi. Akibatnya, es batu sangat berpotensi membuat gigi menjadi patah atau retak. Makanan yang terlalu dingin atau pun panas dapat memicu rasa sakit yang berkepanjangan.

2. Tindik lidah

logam yang terdapat pada tindikan lidah dapat membuat gigi menjadi patah. Ketika logam bergesekan dengan gusi, dapat menyebabkan kerusakan gigi. Tak hanya itu, mulut merupakan salah satu sarang bakteri. Dalam hal ini, tindik dapat meningkatkan resiko infeksi dan luka apabila tidak sengaja ditusuk pada bagian pembuluh darah besar.

3. Menggeretakkan gigi

Bruksisme atau menggeretakkan gigi dapat merusak jaringan gigi seiring berjalannya waktu. Biasanya, bruksisme disebabkan karena stres dan kebiasaan saat tidur. Memang, cukup sulit menghilangkan kebiasaan ini. Oleh sebab itu, kamu bisa menghindari mengkonsumsi makanan keras, sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan kerusakan akibat kebiasaan bruksisme ini.

4. Minum soda

Soda diperkirakan mengandung sekitar 11 sendok teh gula. Selain itu, soda juga mengandung asam fosfat dan sitrat yang dapat merusak jaringan enamel gigi. Oleh sebab itu, hindari minum minuman bersoda yang berlebihan.

5. Membuka kemasan dengan gigi

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah membuka kemasan plastik dengan menggunakan gigi. Padahal kebiasaan ini sangat tidak dianjurkan oleh dokter karena berpotensi membuat keretakan pada gigi.

6. Merokok

Rokok mengandung tembakau yang dapat menyebabkan penyakit gusi dan menimbulkan noda pada gigi. Merokok dapat menyebabkan kanker mulut, bibir, dan lidah. Karena itu, merokok dapat mempercepat proses kerusakan gigi.



Simak Video "Ini Dia Rapor Merah Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)