Jumat, 21 Agu 2020 20:13 WIB

Seperti Zara Adhisty, Kenapa Orang Bisa Lepas Kontrol Posting Sembarangan?

Elsa Himawan - detikHealth
Adhisty Zara saat berkunjung ke kantor detikcom. Zara Adhisty menuai kecaman gara-gara videonya yang viral (Foto: Asep Syaifullah/detikHOT)
Jakarta -

Baru-baru ini, pemain film 'Dua Garis Biru', Zara Adhisty (17) dicemooh netizen karena unggahan video mesranya bersama sang kekasih Zaki Pohan. Video itu menunjukkan Zaki Pohan yang memegang payudara milik Zara Adhisty.

Video tersebut akhirnya menuai banyak kecaman dari netizen. Zara sendiri sampai harys menonaktifkan kolom komentar dan menghapus foto profile instagramnya. Tak hanya itu, keluarga Zara pun kena imbasnya. Media sosial mereka juga habis-habisan dibully oleh netizen.

Psikolog dari MS Wellbeing, Mario Carl Joseph, MPsi, menilai bahwa ketika seseorang menjalin hubungan cinta dengan orang lain maka ada emosi yang melekat. Mereka merasa senang dan dicintai oleh pasangannya.

Namun yang sering menjadi masalah adalah ketika orang-orang tersebut terlalu larut dalam euforia (nyaman dan gembira).

"Ketika mereka terlalu euforia, jadinya tidak bisa memberikan batasan-batasan terhadap dirinya sendiri. Misalnya, mengumbar foto atau video yang seharusnya ga pantas untuk diumbar," ujar Mario saat dihubungi detikcom, Jumat (21/08/2020).

Bukan cuma hilang kendali diri yang dapat menimbulkan perilaku berlebihan, Mario menyampaikan bahwa kurangnya empati dan edukasi juga bisa membuat seseorang menjalankan masa pacaran dengan mengumbar perilaku kurang pantas di media sosial.

Terlebih lagi, Mario menyayangkan sosok Zara yang merupakan seorang public figure. Seharusnya ia menjadi role model bagi masyarakat. Namun, bukan berarti kesalahan dari Zara Adhisty dan Zaki Pohan harus terus-terusan dibully oleh netizen.

"Perilaku netizen yang membully Zara harus dihentikan. Kalau mau mengomentari, bisa lewat DM (direct massage)," pungkasnya.



Simak Video "Top 5: Beredar Video Zara Adhisty, Pelawak Qomar Resmi Ditahan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)