Sabtu, 22 Agu 2020 05:30 WIB

Nihil Kasus Baru COVID-19, Warga Beijing Tak Lagi Wajib Pakai Masker!

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kondisi Stasun Kereta di Beijing Disinfeksi di Kota Beijing (Foto: Dok. Xinhua/Chen Zhonghao)
Jakarta -

Pemerintah Beijing, ibukota China, kini tidak mewajibkan warganya untuk menggunakan masker saat akan keluar rumah. Berdasarkan pedoman pengendalian dan pencegahan penyakit baru yang dirilis Kamis (20/8/2020), mereka tidak perlu memakai masker lagi jika bepergian dengan teman.

Hal ini diumumkan setelah dua minggu tidak ditemukan lagi kasus baru virus Corona di ibukota China tersebut. Kasus baru itu disebut sudah terkendali dengan kebijakan lockdown, pengujian massal, dan pelacakan kontak yang telah dilakukan selama ini.

Dikutip dari South China Morning Post, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Beijing masih meminta warganya untuk menutup mulut, jika bersin dan rajin mencuci tangan. Tak hanya itu, mereka juga meminta para orangtua untuk terus memastikan kebersihan tangan anak-anaknya.


Selain itu, pihak berwenang setempat membebaskan orang-orang tidak menggunakan masker selama mereka tetap menjaga jarak, setidaknya satu meter di ruangan dengan ventilasi yang baik. Sejak kebijakan lockdown dicabut pada akhir Maret lalu, Kota Hubei pun mulai menerima turis domestik sebanyak 2,7 juta orang.

Bahkan baru-baru ini, sebuah tempat hiburan di Wuhan, Wahana Maya Beach Water Park, menggelar pesta kolam renang. Hal ini pun viral di luar China karena dilakukan di tengah pandemi COVID-19.



Simak Video "Yang Harus Dilakukan Jika Tak Bisa Cium Bau Seperti Gejala Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)