Sabtu, 22 Agu 2020 16:32 WIB

WHO Sarankan Pentingnya Vaksin Flu di Tengah Pandemi Corona

Ayunda Septiani - detikHealth
Virus corona: Para pemimpin dunia sepakat galang Rp120 triliun demi ciptakan vaksin virus corona WHO sarankan pentingnya vaksin influenza di tengah pandemi Corona. (Foto ilustrasi: BBC World)
Jakarta -

Para ahli di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa vaksinasi flu penting dilakukan di tengah pandemi virus Corona saat ini. Vaksin flu dilakukan untuk mencegah infeksi dari virus influenza.

Meski tidak bisa mencegah dari COVID-19, vaksin flu dinilai penting karena dapat mengurangi keparahan infeksi virus Corona.

"Jadi, benar-benar penting saat vaksin tersedia untuk flu, orang-orang menggunakan vaksin itu," kata dr Maria di konferensi pers kantor Jenewa WHO, Rabu (19/08/2020).

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat juga menyatakan vaksin flu penting di tengah pandemi COVID-19. "Mendapatkan vaksinasi flu tahun ini akan menyelamatkan nyawa," kata direktur CDC Robert Redfield, pada Juni lalu.

Menurut Global Influenza Strategy for 2019-2030 WHO, diperkirakan ada satu miliar kasus flu setiap tahun di seluruh dunia. Sekitar 3 hingga 5 juta merupakan kasus parah yang mengakibatkan 650 kematian akibat flu terkait masalah pernapasan.

Di Amerika Serikat, influenza merupakan 1 dari 10 penyebab utama kematian setiap tahunnya. Dari bulan Oktober 2019 hingga 4 April 2020, CDC memperkirakan ada 56 juta penyakit flu dengan 740 ribu kasus rawat inap dan 62 ribu kematian akibat flu.

Menurut American Academy of Pediatrics, vaksin flu direkomendasikan untuk setiap orang yang berusia di atas 6 bulan. Vaksin flu bisa didapatkan di klinik dokter maupun rumah sakit.

Menurut WHO, pasien COVID-19 yang parah umumnya berawal dari flu yang tidak tertangani.

"Itu menjadi alasan mengapa sangat penting untuk meningkatkan tingkat vaksinasi flu tahun ini, bahkan dibandingkan di tahun-tahun sebelumnya. Kami membutuhkan kapasitas itu secara potensial untuk mengelola COVID-19," jelas Bruce Aylward penasihat senior di WHO.



Simak Video "Kecam Ketidakadilan, WHO Desak Negara Kaya Bantu Berbagi Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)