Sabtu, 22 Agu 2020 17:00 WIB

Tak Hanya Atur Pola Makan dan Hidup Sehat, Musik Juga Bantu Basmi Lemak

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Mendengarkan musik Musik juga bisa bantu kamu basmi lemak lho, kok bisa? (Foto ilustrasi: Shutterstock)
Jakarta -

Berat badan yang tidak kunjung turun menjadi salah satu masalah yang kerap dialami banyak orang. Mungkin tidak sedikit yang sudah mencoba segala cara dari mulai mengatur asupan makan dan pola hidup sehat.

Terkadang yang masih menjadi kendala adalah menjalani hal tersebut secara konsisten. Namun, sebuah studi yang dimuat di The Journal of Exercise Physiology pada 2009, menjelaskan cari lain yang juga ampuh menurunkan atau membakar lemak di tubuh.

Dikutip dari Medical News Today, mendengarkan ritme musik dengan tempo cepat saat berolahraga dapat membantu membakar kalori yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan berolahraga sambil mendengarkan musik berpengaruh pada detak jantung yang lebih tinggi, peningkatan suhu tubuh, dan laju pernapasan yang meningkat.

Musik disebut memiliki kemampuan melepaskan endorfin, atau hormon positif yang baik bagi tubuh. Kala berolahraga, hormon ini bisa membuat seseorang merasa bahagia dan nyaman.

Penelitian menyebutkan endorfin juga mampu menjaga sangat nafsu makan. Selain itu, musik juga membantu mendorong kamu mengurangi penumpukan lemak di bagian perut, karena lemak di bagian perut umumnya disebabkan oleh sres dan dikontrol hormon kortisol.

Mendengarkan musik dapat mengurangi hormon kortisol tersebut. Artinya, musik bisa membantu mengurangi stres serta menjaga nafsu makan.



Simak Video "Kenalan Lebih Dekat dengan Fisioterapi"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)