Minggu, 23 Agu 2020 12:30 WIB

Gejala Penyumbatan Pembuluh Darah Seperti Dialami Ustaz Yusuf Mansur

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ustaz Yusuf Mansur terbaring di RS karena sakit. Foto: Ustaz Yusuf Mansur terbaring di RS (dok. Instagram Ustaz Yusuf Mansur)
Jakarta -

Ustaz Yusuf Mansur dikabarkan sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Ustaz Yusuf Mansur dirawat di RS diketahui dari postingan di Instagram pribadinya pada Sabtu (22/8/2020).

Ustaz Yusuf Mansur diketahui mengalami 'penyempitan dan penyumbatan' pembuluh darah arah leher ke kepala. Saat ini kondisinya disebut sudah membaik dan sudah mendapat tindakan dari dokter.

"Ada berkah penyumbatan dan penyempitan (pembuluh darah, Red) arah leher ke kepala. Terjadi gumpalan atau pembengkakan di bawah kepala kanan bawah," kata Yusuf Mansur kepada detikcom, Minggu (23/8/2020).

Pembuluh darah yang tersumbat membuat aliran oksigen ke seluruh tubuh tidak terdistribusi dengan baik. Penyumbatan pembuluh darah akan menyebabkan penumpukan zat yang disebut plak dalam dinding arteri yang jika tersumbat, akan menyebabkan serangan jantung jika mengarah ke jantung dan stroke apabila mengarah ke otak.

Dalam beberapa kasus, pembuluh darah yang tersumbat tidak menimbulkan gejala apapun sampai kasus berat terjadi seperti stroke atau serangan jantung. Di lain waktu, ketika telah terjadi penyumbatan di pembuluh darah sebesar 70 persen, penumpukan plak dapat menimbulkan gejala seperti:

- Nyeri dada

- Sesak napas
- Palpitasi jantung
- Kelemahan atau pusing
- Mual
- Berkeringat
- Angina

Apabila penyumbatan pembuluh darah terjadi di area otak atau arteri karotis, seseorang akan berisiko terkena iskemik transien atau stroke dengan gejala:

- Sensasi lemas atau mati rasa di satu sisi tubuh
- Ketidakmampuan menggerakkan lengan atau kaki
- Kehilangan penglihatan di satu sisi saja
- Bicara pelo

Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat adalah salah satu kunci pengelolaan penyumbatan pembuluh darah. Caranya dengan tidak terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi lemak dan berkolesterol serta memperbanyak buah dan sayur.



Simak Video "Cara Cegah Penyumbatan Darah seperti Penyakit Ustaz Yusuf Mansur"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)