Senin, 24 Agu 2020 18:13 WIB

Di Tengah Rumor Kim Jong Un Koma, Korut Dikabarkan Bikin Situs Antirokok

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tiba di Rusia dengan kereta api khusus. Dalam kunjungan itu Kim Jong Un akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. (Foto: Reuters)
Jakarta -

Salah satu situs propaganda Korea Utara, Minggu (23/08/2020) mengatakan sebuah pusat penelitian anti-rokok meluncurkan situs 'Anti-smoking 1.0' pada sistem jaringan komputer negara itu sejak bulan lalu. Situs ini memberikan informasi bagi warga Korea Utara tentang kampenye berhenti merokok.

Kantor Berita Yonhap mengatakan situs tersebut tidak dapat diakses dari luar Korea Utara karena menggunakan jaringan yang dikontrol ketat dan tidak terhubung dengan internet global. Jaringan tersebut dikenal sebagai Kwangmyongsong.

Beberapa tahun terakhir, Korea Utara telah meningkatkan upaya antirokok seperti merevisi undang-undang tahun lalu tentang pembatasan impor rokok asing maupun rokok elektronik (vape). Selain itu, negara ini juga memperluas zona bebas rokok di tempat maupun di gedung umum.

Terlepas dari kampanye antirokok, pimpinan tertinggi Korea Utara, Kim Joung Un, sejak lama dikenal sebagai perokok berat dan belum ada kabar bahwa ia berhenti. Hal ini dibuktikan dengan masih banyak beredar foto Kim sering berbicara dengan pejabat sambil memegang sebatang rokok di tangannya.

Saat perjalanan kereta ke Vietnam untuk pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump, Kim terlihat berhenti untuk merokok. Sempat pula beredar foto bahwa dia merokok di peron kereta api dengan saudara perempuannya Kim Yo Jong sambil memegang asbak di sebelahnya.



Simak Video "Kasus Bunuh Diri Anak Muda di Korsel Meningkat 2 Kali Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)