Selasa, 25 Agu 2020 17:03 WIB

Uji Coba Sudah Berjalan, Kapan Vaksinasi COVID-19 akan Dilakukan?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito (YouTube Sekretariat Kabinet) (Foto: Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito (YouTube Sekretariat Kabinet))
Jakarta -

Beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia, saat ini tengah berusaha mengembangkan vaksin untuk mengatasi pandemi virus Corona. Lalu, kapan vaksinasi bisa mulai dilakukan untuk mengatasi pandemi ini?

"Vaksinasi bisa dilakukan apabila vaksin itu sudah lulus uji komplet," kata juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (25/8/2020).

Prof Wiku menjabarkan berbagai tahapan sampai vaksin tersebut bisa dipakai. Pengembangan ini berawal dari pengembangan di laboratorium.

Tahap kedua, vaksin tersebut akan menjalani uji pra-klinis. Sampai tahap terakhir atau ketiga, vaksin ini akan menjalani uji klinis yang ada tiga fase, yaitu I,II, dan III.

"Dan tentunya memberikan hasil yang baik, dalam arti aman, mempunyai efektivitas, dan memberikan kekebalan yang baik pada manusia," jelas Prof Wiku.



Simak Video "Pondasi Utama Pecegahan Corona Sebelum Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)