Selasa, 25 Agu 2020 16:42 WIB

Uji Klinis Vaksin COVID-19 Sinovac di Bandung Akan Dikebut, Ini Alasannya

Yudha Maulana - detikHealth
Ketua Tim Riset Vaksin dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof Kusnandi Rusmil Prof Kusnandi Rusmil (Foto: Yudha Maulana/detikHealth)
Bandung -

Uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac akan dikebut dengan menambah frekuensi pemeriksaan. Harapannya, vaksin yang nantinya akan diproduksi Biofarma itu siap dibuat pada akhir tahun ini.

Ketua Tim Riset Vaksin dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof Kusnandi Rusmil mengatakan, jumlah relawan yang diperiksa akan ditambah dua kali lipat dari satu titik penelitian.

"Jadi umpamanya dalam satu tempat penelitian itu dimulai jam 11, nah nanti kita minta dua kali dari jam 11 sampai jam 3 misalnya. Jadi dua kali lpat, surveinya lebih cepat, jadi misal dari sepuluh (calon relawan vaksin) perhari menjadi dua puluh perhari gitu ya," ujar Kusnandi di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Selasa (25/8/2020).

"Jadi nanti kita Oktober sudah bisa bikin laporan, sehingga pada akhir tahun ini kita bisa siap produksi vaksin," imbuh guru besar UNPAD itu.

Kusnandi membeberkan, alasan uji klinis ini dikebut karena sampai saat ini belum ditemukan obat yang secara ilmiah dan efektif bisa menyembuhkan pasien yang terpapar virus Corona.

"Kita belum punya obat, orang sudah bergelimpangan, jadi saya butuh subjek yang cukup, jadi ditambah saja subjeknya. Jadi sudah memenuhi kriteria daripada statistik," ucapnya.

Kendati begitu, proses pemantauan akan tetap dilaksanakan untuk melihat kemungkinan adanya efek samping. Sejauh ini, ucap Kusnandi, belum ada keluhan yang dirasakan oleh subjek yang telah disuntikkan kandidat vaksin tersebut.

"Happy-happy saja mereka, bisa jalan kemana-kemana. Malah saat kita telepon bagaimana reaksinya, biasa saja. Dia bilang, 'saya lagi jalan-jalan' ke mana gitu, tetap kita pantau semuanya," katanya.



Simak Video "Mengenal 3 Vaksin Corona yang Akan Tiba di Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(yum/up)
dMentor
×
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses Selengkapnya