Rabu, 26 Agu 2020 10:17 WIB

Stres, Begini Cara Mas Menteri Nadiem Mengatasinya

Deden Gunawan - detikHealth
a Nadiem Makarim (Foto: instagram)
Jakarta -

Setiap profesi dan jabatan punya risiko. Apalagi dengan jabatan setingkat menteri pendidikan di masa pandemi global COVID-19 seperti sekarang ini. Kontroversi terhadap setiap kebijakan yang dibuat niscaya melahirkan pro kontra. Nadiem Makarim mengakui dirinya kerap dilanda stres dan banyak tak tidur selama menjadi menteri pendidikan.

Bagaimana dia kemudian mengatasinya?

Lelaki kelahiran Singapura, 4 Juli 1984 itu menyebut sang isteri, Franka Franklin sebagai pelabuhan tempat mencurahkan segalanya. Juga kepada kedua orang tuanya, pengacara senior Nono Anwar Makarim dan Atika Algadrie.

"Saya biasa curhat ke isteri yang penuh pengertian. Tanpa dia saya tak tahu apakah akan dapat melalui masa-masa yang sulit ini," kata Nadiem Makarim dalam program Blak-blakan yang tayang di detik.com, Rabu (26/8/2020.

Tapi yang paling efektif dan konsisten untuk melepas stres itu, mantan bos Gojek itu melanjutkan, bukan curhat ke orang lain tapi bermain-main dengan putri sulungnya, Solara dan dua adiknya yang lain. "Itu meditasi dan terapi saya," tegas Nadiem.

Pada saat bermain dengan anak, ia melanjutkan,menurut Nadiem Makarim, ada dua hal yang terjadi yakni, secara emosional bisa lebih stabil dan kalem. Anak-anak juga mengingatkan dirinya untuk siapa gerangan menjalani tugas berat ini. Yaitu untuk masa depan semua anak Indonesia.

"Itu yang memotivasi saya. Jadi enggak apalah terpukul-pukul, tertembak-tembak, itu risiko kepemimpinan di masa krisis kan," ujarnya.


[Gambas:Video 20detik]




(ddg/up)